Nilai Instrumental Pancasila: Pengertian dan Contoh Implementasi

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 14:00 WIB
Kado Garuda Pancasila untuk kado pernikahan anak Jokowi
Nilai instrumental Pancasila (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jakarta -

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang telah tertanam dengan kokoh sejak pertama kali disahkan dalam UUD 1945. Secara fundamental, ada nilai instrumental Pancasila yang berkaitan dengan sumber hukum dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Kedudukan Pancasila hadir secara filosofis sebagai landasan dan cita-cita luhur dari bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sila-sila dalam Pancasila ini mengandung hal-hal khusus dan objektif sebagai sumber hukum Indonesia.

Pengertian Nilai Instrumental Pancasila

Menurut buku Pancasila dalam Praktik Berbangsa dan Bernegara: PPKN Paket C Setara SMA/MA Kelas XII (2020) yang ditulis oleh R. Abdurrahim Abu Bakar bahwa nilai instrumental Pancasila adalah penjabaran dari nilai-nilai dasar yang sifatnya lebih khusus.

Nilai instrumental Pancasila pada taraf implementasinya sangat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada perkembangan zaman yang tetap berasaskan nilai dasar. Umumnya, nilai instrumental pada Pancasila berbentuk UUD hingga peraturan daerah yang sifatnya konstitusional.

Pancasila sebagai Sumber Hukum

Dalam buku Ikhtisar dalam Memahami Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Suatu Pendekatan yang Bersifat Holistik (2015) yang ditulis oleh Abdul Kadir dan Fatkhul Muin, jika nilai instrumental Pancasila sebagai sumber hukum tertinggi di Indonesia.

Bakan, menurut UU No.12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Undang-Undang bahwa Pancasila merupakan landasan idiil dan konstitusional dalam satu pemahaman melalui empat pokok pikiran, yaitu:

1. Persatuan Pancasila:

· Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasarkan atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia:

· Negara hendak menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

3. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan:

· Negara yang berkedaulatan rakyat, berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan

4. Ketuhanan yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab:

· Negara yang berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

Contoh Implementasi Nilai Instrumental Pancasila

Beberapa contoh implementasi dari nilai instrumental Pancasila, yakni:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

· Implementasi nilai instrumental Pancasila pada sila pertama ini sudah termaktub di dalam konstitusi, seperti pada Pasal 29 Ayat 2 UUD 1945. Di mana "setiap negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya"

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

· Pengejawantahan dari nilai instrumental Pancasila pada sila kedua sudah tertuang di dalam Pasal 28 UUD 1945 mengenai Hak Asasi Manusia (HAM), yaitu "hak warga negara dan penduduk untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan, dan sebagainya, syarat-syarat akan diatur dalam undang-undang"

3. Persatuan Indonesia

· Contoh dari nilai instrumental Pancasila pada sila ketiga ini tercermin dalam Pasal 32, Pasal 35, dan Pasal 36 UUD 1945. Intinya, pasal-pasal ini memberikan pemahaman mengenai kesatuan bangsa Indonesia, mulai identitas, bahasa persatuan, ideologi, bendera, dan lain sebagainya

4. Ketuhanan yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

· Poin ini tertanam di dalam Pasal 1 Ayat 2 UUD 1945 yaitu kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD. Artinya, "kekuasaan tertinggi Indonesia sebagai negara demokrasi adalah di tangan rakyat"

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

· Pasal kelima ini memiliki nilai instrumental yang sudah tertuang di dalam pasal 33 Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi "bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat"

Nah, itu adalah pengertian nilai instrumental Pancasila beserta sumber hukum dan contoh implementasinya. Semoga menambah wawasan detikers!



Simak Video "La Nyalla Sebut Isi UUD 1945 Telah Berubah 95%, Ini Penjelasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia