Tinggi Nabi Adam AS yang Jadi Ciri Fisik Penghuni Surga, Capai 30 M?

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 18 Agu 2022 05:00 WIB
An Arab standing at the sand dunes of Dubai and aiming towards the horizon.
Ilustrasi. Tinggi Nabi Adam AS kerap disinggung sebagai ciri fisik penghuni surga. (Getty Images/GCShutter)
Jakarta -

Tinggi Nabi Adam AS kerap disinggung sebagai ciri fisik yang dimiliki oleh para penghuni surga kelak. Lantas, berapa tinggi Nabi Adam AS sebenarnya?

Informasi mengenai tinggi badan Nabi Adam AS sendiri sebetulnya telah diungkap oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya. Hadits berikut dikisahkan dari Abu Hurairah RA,

خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا، ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلاَئِكَةِ، فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَزَادُوهُ: وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الآنَ

Artinya: Allah telah menciptakan Adam AS berdasarkan bentukNya, tingginya 60 hasta. Kemudian (Allah) berfirman, "Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepadamu. Itulah kehormatanmu dan keturunanmu.

Lalu, (Adam) mengucapkan, "Assalamualaikum," maka, (para malaikat) mengucapkan, "Assalamualaika wa rahmatullah," (para malaikat) menambahkan 'warrahmatullahi,'

Maka, setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang," (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Berdasarkan keterangan hadits di atas, tinggi Nabi Adam AS diketahui sebesar 60 hasta. Hasta sendiri merupakan satuan ukuran yang biasa digunakan oleh orang Arab.

Menurut buku Mukjizat Hadits Nabi yang ditulis Dana Nur, 60 hasta bila dikonversi ke dalam ukuran meter kurang lebih mencapai 27,4320 meter yang kemudian dibulatkan menjadi 30 meter. Hal ini juga senada dengan penemuan dalam jurnal Ha Mada Ha Yisraeil B'Angleet V'lvreet dari seorang pakar biologi Universitas Hebrew yang menyatakan tinggi rata-rata manusia zaman dahulu sekitar 90 kaki atau 27,43 m.

Penyusutan Tinggi Badan dari Masa ke Masa

Abdul Syukur Al Azizi dalam buku Hadits-hadits Sains menyatakan, tubuh manusia terus mengalami penyusutan secara berkelanjutan hingga saat ini. Rata-rata tinggi badan manusia pada masa Nabi Adam AS yang sebesar 30 m, sementara rata-rata tinggi manusia pada masa kini hanya berkisar 1,5-1,7 meter menurut Our World in Data.

Bila dihitung, tinggi manusia sudah mengalami penyusutan sebesar 3,77 mm per tahun sejak zaman Nabi Adam AS. Meski demikian, angka pasti penyusutan ukuran tubuh manusia tersebut masih berupa gambaran dasar.

"Satu hal yang pasti, tinggi manusia mengalami penyusutan. Tentunya, Allah SWT memiliki alasan terbaik terkait penyusutan tubuh manusia, karena rencanaNya selalu yang paling hebat," tulis Abdul Syukur Al Azizi.

Penghuni Surga Berpostur Serupa Nabi Adam

Meski selama di dunia muslim masa kini tidak memiliki postur setinggi Nabi Adam AS, Rasulullah SAW mengabarkan bahwa postur tubuh penghuni surga menyesuaikan dengan nenek moyang mereka yakni Nabi Adam AS.

Hal ini diceritakan dari Abu Hurairah RA yang mengutip perkataan Rasulullah SAW. Bunyi keterangan hadits yang dikutip dari di antaranya:

"Sesungguhnya tinggi badan para penghuni surga ketika mereka memasuki surga adalah 60 hasta, seperti pohon kurma yang tinggi. Mereka makan buah-buah (pohon) di surga sambil berdiri," (HR Abu Naim).

Hadits dengan redaksi serupa juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dari Anas bin Malik RA. Hadits tersebut menyebutkan ciri fisik penghuni surga menurut Rasulullah SAW seperti, memiliki tinggi serupa Nabi Adam AS dan berwajah setampan Nabi Yusuf AS.



Simak Video "Momen Dara Arafah Ditolak Foto Bareng Kurma di Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia