7 Negara di Kawasan Asia Selatan, Ada Negara Paling Bahagia!

Nikita Rosa - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 19:00 WIB
Taj Mahal, India
7 Negara di Asia Selatan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/turtix)
Jakarta -

Kawasan Asia Selatan terkenal sebagai salah satu wilayah terpadat di dunia. Worldometers mencatat ada 1,9 miliar manusia yang tinggal di Asia Selatan, jumlah itu hampir 25 persen dari total populasi dunia! negara mana saja yang berada di kawasan ini?

Ternyata, meski memiliki jumlah penduduk yang membludak, kawasan Asia Selatan hanya dihuni oleh tujuh negara. Negara yang berada di kawasan Asia Selatan adalah Bangladesh, Bhutan, India, Pakistan, Nepal, Sri Langka, dan Afghanistan.

Negara-negara ini umumnya memiliki kekayaan literatur bahasa, budaya, pakaian, serta ritual keagamaan yang serupa. Berikut profil ke-7 negara di Kawasan Asia Selatan.

Profil 7 Negara Kawasan Asia Selatan

1. Bangladesh

Ibu Kota: Dhaka
Luas wilayah: 148.460 km²

Bangladesh termasuk dalam negara baru yang merdeka pada 16 Desember 1972. Negara ini termasuk dalam Bagian India sebelum memisahkan diri pada 1947.

Bangladesh terkenal dengan tempat ibadahnya yaitu Masjid Bintang. Masjid ini dibangun pada abad ke-18 dengan arsitektur dan desain khas China.

2. Bhutan

Ibu Kota: Thimphu
Luas wilayah: 47.000 km²

Bhutan adalah salah satu negara yang menganut sistem kerajaan. Bhutan dipimpin oleh seorang perdana menteri dan memiliki jumlah penduduk 2 juta jiwa.

Meski terbilang sempit, Bhutan memiliki berbagai lokasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Benteng Punakha Dzong yang pernah menjadi tempat hidup para biksu.

3. India

Ibu Kota: New Delhi
Luas wilayah: 3,287 juta km²

India adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia. Menurut Population Prospect 2022, penduduk di India mencapai satu miliar jiwa!

Mirip dengan negara lain di Asia Selatan, India juga terkenal dengan tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah Bangunan Taj Mahal. Bangunan yang dibangun untuk mengenang istri seorang kaisar.

4. Pakistan

Ibu Kota: Islamabad
Luas wilayah: 796.095 km²

Pakistan menganut sistem pemerintahan Republik Islam dengan Ibu Kota di Islamabad. Sama dengan Bangladesh, negara ini dulunya satu dengan India sebelum memisahkan diri.

Negara dengan bendera bulan sabit ini memiliki pegunungan yang terkenal di dunia, yaitu Himalaya. Selain itu, Pakistan juga terkenal dengan aliran sungai dan hutan yang menghiasi lembah.

5. Nepal

Ibu Kota: Nepal
Luas wilayah: 147,181 km²

Nepal terkenal akan keindahan alam serta penganut ajaran Hindu dan Budha. Di wilayah ini, terdapat gunung Everest yang termasuk sebagai tertinggi di dunia.

Nepal juga terkenal dengan negara yang paling bahagia di Asia Selatan. Dalam World Happiness Index 2022, Nepal menduduki posisi tertinggi di Asia Selatan dan 85 di dunia.

6. Sri Lanka

Ibu Kota: Kolombo, Sri Jayawardenapura Kotte.
Luas wilayah: 65.610 km²

Sri Lanka termasuk negara terkecil di kawasan Asia Selatan, negara ini hanya seluas 65 ribu km² dan dipimpin oleh Perdana Menteri. Jangan salah, negara ini juga dikenal dengan pulaunya yang hijau dan asri.

Wilayahnya yang tenang dan dikelilingi pantai serta hutan, membuat Sri Lanka memiliki beberapa julukan, antara lain: Serendib, Ceylon, Teardrop of India, Resplendent Isle, Island of Dharma, dan Pearl of the Indian Ocean

7. Afghanistan

Ibu Kota: Kabul
Luas wilayah: 652.860 km²

Afghanistan adalah negara dengan penduduk mayoritas penganut Islam. Menurut The World Factbook, sebanyak 90 persen penduduk Afghanistan menganut agama Islam.

Berbeda dengan negara-negara di Asia Selatan, negara ini terkenal akan sumber daya alamnya. Afghanistan merupakan negara penghasil tembaga, emas, minyak, batu bara, batu permata, hingga marmer.

Tujuh negara di kawasan Asia Selatan memiliki daya tariknya sendiri. Tertarik berkunjung, detikers?



Simak Video "Ngeri, Negara-negara Ini Terancam Bangkrut Seperti Sri Lanka"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia