Pancasila Berkedudukan sebagai Dasar Negara, Begini Artinya

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 16 Agu 2022 08:30 WIB
Ilustrasi hari lahir Pancasila
Foto: Fuad Hasim/detikcom/Pancasila Berkedudukan sebagai Dasar Negara, Begini Artinya
Jakarta -

Pancasila yang sering disebut sebagai dasar negara Indonesia, memiliki kedudukan yang cukup fundamental. Kata Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yakni panca dan sila. Panca berarti lima dan sila berarti dasar.

Istilah Pancasila sebetulnya telah dikenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Tiap-tiap sila yang terdapat di dalamnya telah diterapkan oleh kedua kerajaan tersebut, hal ini sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi yang ditulis oleh Sarinah dkk.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara?

Arti Pancasila Berkedudukan sebagai Dasar Negara

Arti dari Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara yaitu, Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia dan dijadikan sebagai dasar mengatur penyelenggaraan hukum.

Selain itu, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara juga tersemat dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 pada alinea keempat dengan bunyi sebagai berikut.

"...maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Secara hukum, kalimat tersebut mengartikan pancasila sebagai dasar negara. Bahkan, dalam sejarah dibuktikan pada saat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyebutkan dasar negara Indonesia adalah Pancasila.

Fungsi Pancasila sebagai Dasar Negara

Masih dari sumber yang sama, Pancasila sebagai dasar negara dimaksudkan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan dan bangsa negara Indonesia.

Maka, segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan ketatanegaraan Republik Indonesia harus berlandaskan Pancasila.

Pancasila dengan kedudukannya sebagai dasar negara memiliki lima fungsi, yaitu:

1. Sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum di Indonesia. Maka, Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia.

2. Suasana kebatinan (geistlichenhintergrund) dari Undang-undang Dasar.

3. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara.

4. Norma-norma yang mengharuskan UUD mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara lainnya memegang teguh cita-cita rakyat yang luhur.

5. Sumber semangat bagi UUD 1945, penyelenggara negara, dan pelaksana pemerintahan. Melalui Ketetapan Nomor XVIII MPR/1998, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara RI telah dikembalikan.

Makna Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila juga disebut sebagai falsafah negara. Maksudnya, Pancasila menjadi dasar nilai norma untuk mengatur pemerintahan atau penyelenggaraan negara, sebagaimana dikutip dari buku 'Pendidikan Kewarganegaraan' yang disusun oleh Interplus.

Jadi, seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan negara, terutama segala peraturan perundangan termasuk proses reformasi, dijabarkan dalam nilai Pancasila.

Nah, itulah maksud dari Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara. Semoga semakin memahaminya ya detikers!



Simak Video "Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia