Apa Perbedaan Gerak Hewan dan Tumbuhan? Ini Jawabannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Minggu, 14 Agu 2022 14:01 WIB
Ilustrasi ibu mengawasi anak belajar
Ilustrasi siswa belajar perbedaan gerak hewan dan tumbuhan (Foto: Getty Images/Stígur Már Karlsson /Heimsmyndir)
Jakarta -

Hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki beberapa ciri-ciri, seperti dapat bernapas, bereaksi pada rangsangan, dan bergerak. Dalam konteks ini, ada perbedaan gerak hewan dan tumbuhan yang dapat dilihat dari beberapa hal.

Mengutip dari buku Biologi 2: SMA dan MA untuk Kelas XI (2004) yang disusun oleh Diah Aryulina dkk, jika perbedaan gerak hewan dan tumbuhan ini memiliki aspek yang sangat berbeda. Walaupun sama-sama makhluk hidup, tetapi sistem geraknya sangat organik dan tentu bermacam-macam.

Gerak pada Hewan

Gerak pada hewan ini umumnya dikategorikan menjadi empat spesies. Mengapa? Karena setiap spesies hewan memiliki sistem gerak yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

1. Gerak pada Ikan

Bagaimana ikan dapat bergerak? Jadi, ikan dapat bergerak atau berenang menggunakan siripnya. Yap, ikan merupakan hewan yang hidup di perairan dan dibekali dengan sirip untuk berenang dengan leluasa ke arah manapun. Selain itu, ikan juga terbantu dengan adanya ekor untuk berenang lebih gesit dan cepat.

2. Gerak pada Burung

Burung dapat bergerak atau terbang di langit karena memiliki sayap dan rangka tulang yang sangat mendukung. Di mana burung memiliki tubuh yang memiliki gaya angkat sangat besar, sehingga sangat memudahkan burung untuk terbang tinggi dengan cepat.

Di lain sisi, sayap pada burung juga memiliki struktur kuat dan otot-otot yang kokoh. Sehingga burung dapat menepis terpaan angin yang kencang. Jadi, ketika burung terbang dengan mengepakkan sayapnya, maka udara yang mengalir di bawah sayap akan menghasilkan gaya angkat.

3. Gerak pada Reptil

Reptil memang ada beberapa, seperti kadal dan ular. Pertama, kadal dapat bergerak karena bantuan kaki dan juga ekor yang menunjang untuk dapat berjalan dengan cepat di tanah. Kedua, ada ular yang bergerak dengan cara melata di atas tanah maupun air.

4. Gerak pada Amfibi

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di darat dan di air. Salah satu hewan amfibi adalah katak yang dapat bergerak dengan cara melompat. Di mana katak ini sebagai amfibi yang memiliki sendi lutut, bahu, siku, pinggul, serta pergelangan kaki dan tangan yang baik.

Gerak pada Tumbuhan

Diketahui di atas bahwa hewan memang banyak bergerak menggunakan bagian tubuhnya, seperti sirip, sayap, hingga kaki dan perut. Lalu, apa perbedaan gerak hewan dan tumbuhan?

Mengutip dari Bahan Ajar Gerak pada Tumbuhan (2017) yang ditulis oleh I Wayan Wiraatmaja dari Universitas Udayana bahwa ada dua gerak pada tumbuhan, yaitu:

1. Gerak Endonom (Autonom)

Gerak endonom atau autonom adalah gerak pada tumbuhan yang tidak diakibatkan oleh stimulasi atau rangsangan dari luar. Di mana stimulasi yang terjadi dan mengakibatkan gerak pada tumbuhan berasal dari tumbuhan itu sendiri.

2. Gerak Esionom

Sedangkan, gerak esionom adalah gerak yang distimulasi oleh hal-hal eksternal atau di luar dari tumbuhan. Berdasarkan arah geraknya, gerak esionom ini dibagi menjadi tiga, yaitu:

· Gerak Nasti, yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan yang arahnya tidak ditentukan atau ditujukan ke atau dari sumber rangsang

· Gerak Tropisme, yaitu gerak bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang

· Gerak Taksis, yaitu gerak seluruh bagian tubuh tumbuhan menuju atau menjauhi rangsang

Nah, itu adalah perbedaan gerak hewan dan tumbuhan. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Museum Purbakala Patiayam Selamatkan Fragmen Rusa-Gajah Purba"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia