Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Tata Caranya yang Benar

Rahma Harbani - detikEdu
Minggu, 14 Agu 2022 05:00 WIB
Muslims prayer at home
Ilustrasi sholat tahiyatul masjid. (Getty Images/iStockphoto/agrobacter)
Jakarta -

Sesaat setelah memasuki masjid dan sebelum duduk, ada kesunnahan bagi muslim dalam mengamalkan sholat tahiyatul masjid. Sebagaimana amalan sholat lainnya, sholat sunnah ini diawali dengan bacaan niat sholat tahiyatul masjid.

Anjuran untuk mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid ini dinarasikan dari Abu Qatadah RA dalam suatu hadits. Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, janganlah duduk sehingga sholat dua rakaat." (HR Bukhari dan Muslim).

Arti tahiyatul masjid sendiri adalah menghormati, menyambut, atau menyapa masjid. Pasalnya, menurut buku Ternyata Shalat & Puasa Sunah Dapat Mempercepat Kesuksesan oleh Ceceng Salamudi, masjid merupakan tempat segala aktivitas yang menunjukkan atau mendorong ketaatan serta kepatuhan kepada Allah SWT.

"Dengan kelebihan dan keutamaan masjid dari tempat-tempat lainnya, maka ada aktivitas ibadah yang dianjurkan ketika memasukinya, yaitu sholat tahiyatul masjid. Sholat ini dimaknai sebagai pembuka komunikasi kita dengan masjid sebagai pusat pengabdian kepada Allah SWT," tulis Ceceng Salamudin.

Di samping itu, muslim yang mengamalkan sholat di masjid termasuk sholat tahiyatul masjid disebut sebagai golongan orang yang menyucikan diri. Hal ini disebut dalam firmanNya surat At Taubah ayat 108,

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Artinya: "Janganlah engkau melaksanakan sholat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan sholat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih."

Untuk meraih keutamaan dan memenuhi tuntunan dari Rasulullah SAW, amalan ini juga perlu didahului dengan bacaan niat sholat tahiyatul masjid dan tata caranya yang tepat seperti dikutip dari buku Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karya Dini Harwanti.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Tata Caranya yang Benar

Tata cara sholat tahiyatul masjid tidak berbeda dengan sholat lain pada umumnya. Sholat ini dikerjakan ketika baru masuk masjid sebelum duduk baik untuk sholat berjamaah atau hendak mengikuti pengajian.

Sebab itu, salah satu adab masuk masjid yang harus dijaga adalah selalu menjaga wudhu. Dengan begitu, sholat tahiyatul masjid dapat langsung dilaksanakan saat seseorang baru masuk ke masjid dengan tata cara berikut.

1. Membaca niat sholat tahiyatul masjid

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Usholli sunnatan tahiyyatal masjidi rok'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat shalat tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah ta'ala,"

2. Takbiratul ihram

3. Mengerjakan rukun shalat dua rakaat seperti biasa

4. Salam

Sebagaimana bacaan niat sholat tahiyatul masjid yang benar, sholat sunnah ini dikerjakan secara munfarid atau sendiri. Hukum pengerjaannya menurut buku yang bertajuk Panduan Lengkap Shalat Sunah Rekomendasi Rasulullah karya Zezen Zainal Alim adalah sunah muakkad terutama pada pelaksanaan sholat Jumat.



Simak Video "Momen Massa Buruh Gelar Salat Jumat di Depan Gedung DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia