5 Manfaat Magnet beserta Jenis-jenisnya, Siswa Wajib Tahu

Rafi Aufa - detikEdu
Kamis, 11 Agu 2022 10:30 WIB
Little boy in Experiment
Ilustrasi magnet/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Magnet adalah objek yang memiliki medan magnet dan terdapat beberapa sifat yang berhubungan dengan unsur-unsur tertentu di daerah sekitarnya. Akan tetapi, apakah kamu tahu apa manfaat magnet beserta jenis-jenisnya?

Sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu definisi magnet secara umum. Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu (Biologi, Fisika, dan Kimia) (2000) yang ditulis oleh Slamet Prawirohartono dkk, bahwa kata magnet sendiri berasa dari kata "magnesia".

Apa itu magnesia? Yaitu nama suatu wilayah di daratan Asia. Jadi, sekitar 4.000 tahun lalu, mulai ditemukan ada batu yang dapat menarik unsur-unsur pada besi dan baja. Oleh karena itu, benda yang dapat menarik benda-benda lain dengan unsur logam disebut sebagai magnet.

Manfaat Magnet

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet menjadi instrumen yang sangat berguna bagi manusia. Kira-kira apa saja manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya:

1. Untuk Menarik Benda dengan Campuran Logam

Seperti penjelasan sejarah magnet di atas, bahwa magnet merupakan benda yang dapat menarik benda lain dengan unsur logam. Dalam praktik sehari-hari, unsur magnet diimplementasikan oleh benda-benda perkakas, seperti obeng, tang, gunting, hingga alat pengangkut besi.

2. Sebagai Alat Navigasi

Kompas merupakan alat navigasi yang berfungsi untuk menunjukkan arah angin. Jika kamu melihat secara detail, di dalam kompas terdapat jarum yang terbuat dari magnet dan berguna untuk menavigasi arah angin. Oleh karena itu, kompas menjadi alat dengan unsur magnet yang begitu penting bagi banyak orang.

3. Menciptakan Aliran Listrik

Tahukah kamu jika ternyata magnet dapat memantik dan menciptakan aliran listrik? Yap, hal ini terlihat jelas dari dinamo yang terdapat pada sepeda. Di mana dinamo memiliki unsur magnet yang berfungsi untuk menciptakan aliran listrik di dalam sebuah sepeda.

4. Mengubah Energi

Jika kamu senang mendengarkan lagu dengan speaker, maka secara tidak langsung kamu sangat terbantu dengan adanya instrumen magnet. Mengapa? Karena magnet terdapat di dalam speaker yang menjalankan fungsi sebagai alat pengubah energi dari listrik menjadi energi bunyi.

5. Menempelkan Suatu Benda

Saat kamu membuka kulkas, pasti kamu merasakan ada sedikit tarikan dari ujung dalam kulkas. Mengapa hal itu dapat terjadi? Karena ada magnet yang berfungsi untuk menempelkan sisi pintu kulkas agar kuat dan tidak mudah terbuka.

Jenis-jenis Magnet

Magnet memiliki dua jenis yakni:

A. Magnet alam, yaitu magnet yang berasal dari alam. Di mana magnet alam ini dapat ditemukan di berbagai hal, seperti pada jenis batu-batuan.

Fakta menarik, ternyata bumi merupakan contoh dari magnet alam terbesar karena memiliki kutub utara dan kutub selatan.

B. Magnet buatan, yaitu magnet yang diciptakan oleh manusia. Dalam hal ini, magnet buatan dibagi menjadi dua, ada magnet permanen dan magnet sementara. Magnet permanen berarti sifatnya tetap dan relatif lama, sedangkan magnet sementara temporer dan tidak tetap.

Nah, itu adalah penjelasan dari manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari beserta jenisnya. Kira-kira benda apa saja yang memiliki unsur magnet di sekitar detikers?



Simak Video "Kisah Ilmuwan yang Celaka Karena Temuannya Sendiri "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia