9 Gunung Tertinggi di Malaysia, ada Kinabalu hingga Yong Belar

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 16:30 WIB
Gunung Kinabalu
Foto: Oscark/Wikipedia/9 Gunung Tertinggi di Malaysia, ada Kinabalu hingga Yong Belar
Jakarta -

Gunung adalah permukaan tanah yang menjulang tinggi daripada tanah-tanah di sekitarnya. Selain di Indonesia, ada negara tetangga Malaysia yang memiliki jumlah gunung yang tidak sedikit. Kira-kira apa saja gunung tertinggi di Malaysia?

Mengutip dari buku Ensiklopedia Gunung Berapi Sedunia (2009) yang ditulis oleh Hamid Bahari, dijelaskan bahwa gunung terbentuk karena dipengaruhi oleh gaya tektonik.

Gaya tektonik ini akan bekerja dalam bumi untuk membentuk gunung. Hal ini sering kali disebut sebagai proses orogenesis dan epirogenesis.

Selain itu, gunung juga di beberapa tempat dikelilingi oleh puncak-puncak gunung atau yang sering disebut sebagai pegunungan.

9 Gunung Tertinggi di Malaysia

Malaysia adalah negara berbentuk federal yang memiliki luas 330.803 km2. Dengan luas ini, Malaysia memiliki beberapa gunung dengan puncak yang cukup tinggi. Berikut merupakan gunung tertinggi di Malaysia:

1. Gunung Kinabalu (4.095 mdpl)

Gunung tertinggi di Malaysia ditempati oleh gunung Kinabalu yang memiliki ketinggian 4.095 mdpl. Bahkan, gunung ini menempati posisi kelima sebagai gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Gunung yang terletak di pulau Kalimantan ini memiliki empat kawasan sentral, yakni hutan Montane, hutan Gunung, hutan Dipterokarp Bukit, dan hutan Dipterokarp Atas.

2. Gunung Trusmadi (2.642 mdpl)

Selanjutnya, ada gunung Trusmadi yang memiliki tinggi 2.642 mdpl dan terletak di bagian pedalaman, Sabah. Gunung ini dikenal sulit untuk pendakian karena secara geologi terdiri atas batu lumpur, serpih, batu pasir, dan breksi batu gamping.

3. Gunung Tambuyukon (2.579 mdpl)

Gunung Tambuyukon ini terletak di kawasan Daerah Ranau, di Sabah dan memiliki ketinggian di angka 2.579 mdpl. Gunung ini terbentuk karena adanya banjaran crocker yang berhubungan dengan gugusan tanah yang tinggi.

Di lain sisi, gunung ini memang cukup berhimpitan dengan dengan tiga daerah, yakni Daerah Ranau, Kota Marudu, dan Kota Belud.

4. Gunung Kaingaran (2.476 mdpl)

Dengan tinggi mencapai 2.476 mdpl, membuat gunung Kaingaran ini sebagai gunung keempat tertinggi di Malaysia. Meski kurang dikenal, namun gunung ini menyimpan panorama alam yang indah beserta lokasi-lokasi yang masih hijau dan rimbun di daerah Tambunan.

5. Gunung Murud (2.424 mdpl)

Di daerah Serawak, kamu akan melihat gunung Murud yang memiliki tinggi 2.424 mdpl dan menjadikan sebagai gunung tertinggi kelima di Malaysia.

Gunung Murud ini masih sangat hijau dan belum banyak dieksplorasi oleh para pendaki. Hal ini yang mengakibatkan masih dapat ditemukan spesies tumbuhan tropis pemakan serangga bernama Nepenthes Murudensis di bagian puncaknya.

6. Gunung Mulu (2.376 mdpl)

Seperti halnya gunung Murud, di mana gunung Mulu memiliki berbagai spesies flora langka dan otentik. Gunung dengan tinggi 2.376 mdpl ini menyimpan habitat flora jenis Nepenthes Hurrelliana, Nepenthes Lowii, Nepenthes Muluensis, Nepenthes Tentaculata, dan Nepenthes Vogelii. Kemudian, gunung Mulu ini berlokasi di negara bagian Serawak, Malaysia.

7. Gunung Tahan (2.178 mdpl)

Jika kamu pendaki yang tertarik dengan medan pendakian yang ekstrim, mungkin mendaki gunung Tahan dapat menjadi tantangan yang menarik.

Hal ini karena gunung Tahan memiliki tinggi 2.178 mdpl dengan tiga jalur menuju puncak, yaitu kuala tahan, kuala tahan-merapoh, dan merapoh-merapoh.

Bahkan, biasanya pendaki di Malaysia membutuhkan waktu tujuh hari untuk menaklukan medan gunung Tahan menuju puncak yang berlokasi di Pahang ini.

8. Gunung Korbu (2.183 mdpl)

Gunung Korbu memiliki tinggi 2.183 mdpl dan berlokasi di Hulu Kinta, Perak. Gunung ini adalah bagian dari puncak tertinggi dari pegunungan Titiwangsa.

Sama seperti gunung Tahan, gunung Korbu ini tergolong memiliki medan yang ekstrim dan membutuhkan waktu empat hari untuk menuju puncak.

9. Gunung Yong Belar (2.181 mdpl)

Terakhir, ada gunung Yong Belar yang memiliki tinggi 2.181 mdpl dan berlokasi di perbatasan antara Kelantan dan juga Perak.

Berbeda dengan dua gunung di atas, gunung Yong Belar ini cenderung mudah untuk didaki dan di akhir pekan selalu ramai akan pendaki bersama rombongan yang ingin menyaksikan sunset atau sunrise.

Nah, itulah gunung tertinggi di Malaysia beserta ketinggiannya. Apakah detikers tertarik untuk mendaki di salah satu gunung di atas?



Simak Video "Dibawa Orang Tuanya Naik Gunung Soputan, Balita Alami Hipotermia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia