Keadaan Alam Negara-negara ASEAN, dari Indonesia hingga Kamboja

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 04 Agu 2022 14:45 WIB
Daftar negara ASEAN
Foto: Istimewa/Keadaan Alam Negara-negara ASEAN, dari Indonesia hingga Kamboja
Jakarta -

Negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) memiliki keadaan alam yang berbeda-beda. Kira-kira apa perbedaan keadaan alam di setiap negara di ASEAN?

Perlu diketahui bahwa letak geografis menjadi salah satu poin yang menjadi latar belakang didirikannya ASEAN. Selain letak geografis yang berdekatan dalam satu wilayah, negara ASEAN juga memiliki kecenderungan kondisi alam yang mirip.

Namun selain itu, ada juga hal yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN, dikutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara-negaranya (2019) karya Tri Prasetyono, yaitu:


- Secara geografis terletak di kawasan Asia Tenggara

- Negara-negara di kawasan Asia Tenggara pernah dijajah oleh bangsa Barat

- Memiliki kepentingan untuk mencegah pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet

- Memiliki dasar kebudayaan Melayu Austronesia

- Memiliki kepentingan dalam menangani permasalahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya


Keadaan Alam Negara-negara ASEAN

Adapun saat ini, total ada 10 negara di kawasan Asia Tenggara yang bergabung dalam ASEAN. Negara-negara ini memiliki keadaan alam yang sangat berbeda-beda.

Berikut penjelasan dari keadaan alam negara-negara ASEAN:


1. Indonesia

Indonesia adalah negara terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan 1.905 juta km2 yang membentang dari Aceh hingga Papua.

Dengan luas tersebut, Indonesia memiliki keadaan alam yang dipenuhi dengan iklim tropis serta curah hujan yang tergolong tinggi daripada negara-negara lain di Asia Tenggara.

Hal ini membuat Indonesia juga terkenal akan jumlah hutan yang cukup banyak, yaitu mulai dari hutan hujan tropis hingga sabana atau padang rumput.

Selain itu, Indonesia juga negara kepulauan dengan 16.771 pulau dan memiliki lebih dari 400 gunung api.

2. Malaysia

Malaysia adalah negara yang memiliki dua kawasan utama dan secara geografi dipisahkan oleh Laut Tiongkok Selatan.

Negara melayu ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang relatif tinggi. Selain itu, Malaysia juga memiliki daerah hutan-hutan lebat tropis dan juga beberapa bukit yang tinggi, di mana puncak tertinggi berada di gunung Kinabalu (4.095,2 m) di kota Sabah.

3. Singapura

Negara industrial dan paling maju di kawasan Asia Tenggara ini memiliki luas wilayah 728,6 km2 dan menjadi titik sentral pelabuhan laut di daratan Asia.

Singapura juga menjadi negara yang menghubungkan antara Samudra Hindia dan Laut Cina Selatan. Selain itu, Singapura juga didominasi oleh dataran rendah dan sedikit bukit-bukit berukuran kecil mengelilingi pusat kota.

4. Filipina

Filipina adalah negara yang memiliki jumlah pulau hingga 7.641 dengan luas wilayah 300.000 km2. Keadaan alam negara Filipina ini berbatasan langsung Laut Sulawesi serta memiliki tiga kelompok wilayah utama, yaitu ada Luzon, Bisaya, dan Mindanao.

Di lain sisi, negara yang dipimpin oleh Bongbong Marcos ini memiliki iklim tropis dengan tiga musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, dan musim panas atau kering.

5. Thailand

Negara yang dikenal akan julukannya sebagai Negeri Gajah Putih ini memiliki luas wilayah 514.000 km2 dan terletak di tengah-tengah Asia Tenggara.

Keadaan alam negara Thailand ini dihiasi dengan dataran tinggi pegunungan, dataran tengah, dan dataran tingginya. Thailand ini memiliki iklim tropis yang sangat dipengaruhi oleh angin muson (monsoon).

6. Brunei Darussalam

Negara tetangga dari Indonesia ini memiliki luas wilayah 5.765 km2 yang daerahnya banyak berupa rawa-rawa hutan bakau dan perbukitan.

Sama halnya dengan negara-negara ASEAN lain, di mana Brunei Darussalam ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan sekitar 2000 mm/tahun.

Gunung Pagon menjadi daerah tertinggi di negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah dengan tinggi 1.850 m.

7. Vietnam

Negara sosialis yang satu ini memiliki luas wilayah 331.210 km2 serta berlokasi di pinggiran semenanjung Indocina ini.

Keadaan alam di negara Vietnam ini dipenuhi dataran rendah ada beberapa pegunungan. Salah satunya ada pegunungan Annam yang puncaknya memiliki tinggi hingga 1.800 m. Ada pula dataran rendah di Vietnam yang dikenal dengan Delta Sungai Mekong.

8. Laos

Laos adalah negara komunis dengan luas wilayah 236.800 km2 yang wilayah daratannya berupa pegunungan yang diselimuti oleh hutan yang sangat lebat.

Laos memiliki gunung Phou sebagai puncak tertinggi di negara yang dipimpin oleh Thongloun Sisoulith. Ada tiga musim di negara Laos, yakni musim hujan panas, musim sejuk, dan musim kering (pancaroba).

9. Myanmar

Negara Myanmar memiliki luas wilayah 676.578 km2 yang langsung berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Keadaan alam di Myanmar dibagi menjadi dua, yaitu Myanmar Selatan dengan iklim tropis dan Myanmar Utara dengan iklim subtropis.

10. Kamboja

Terakhir, ada Kamboja yang memiliki bentangan wilayah dengan luas hanya 181.035 dan berbatasan langsung dengan negara Laos di utara, vietnam di timur, dan teluk Thailand di selatan. Kemudian, negara monarki ini memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata berkisar di 22 °C.

Nah, itulah keadaan alam negara-negara ASEAN. Semoga menambah pengetahuan detikers, ya!



Simak Video "Percepatan Sertifikasi Barang Milik Negara Oleh Kemenhub Ditjen Perkeretaapian"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia