Ingin Punya Pangkat Polisi? Kenali 3 Sekolah Pendidikan di Kepolisian

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 10 Agu 2022 15:30 WIB
Tingkatan Pangkat Polisi, Bharada dan Brigadir Tinggi Mana?
Foto: Audrey Santoso/detikcom/Ingin Punya Pangkat Polisi? Kenali 4 Sekolah Pendidikan di Kepolisian
Jakarta -

Polisi adalah profesi yang didambakan banyak orang. Selain mengabdi kepada negara dan masyarakat, polisi juga memiliki tugas utama untuk menegakkan hukum negara.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarier dan memiliki pangkat di kepolisian setelah lulus SMA, SMK atau bahkan kuliah, sebaiknya ketahui pendidikan kepolisian yang ada di Indonesia. Pendidikan kepolisian adalah syarat untuk menjadi polisi.

Lalu, apa saja sekolah yang menyediakan pendidikan kepolisian? Berikut 3 sekolah pendidikan kepolisian, dikutip dari laman resmi masing-masing institusi pendidikan kepolisian.

3 Sekolah Pendidikan Kepolisian

1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian atau biasa disebut Akpol adalah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang ada di bawah Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri atau Lemdiklat.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol memiliki tujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan durasi pendidikan 4 tahun atau setara dengan 8 semester.

Nantinya, lulusan Akpol akan memperoleh pangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda. Sebagai informasi, Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies).

Berdasarkan data yang ada di penerimaan.polri.go.id, pendaftaran Akpol sudah ditutup. Sebelumnya pendaftaran dibuka pada 2 Agustus 2022 lalu di Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Kemudian, ujian dan pemeriksaan penerimaan terpadu Taruna Akpol diselenggarakan pada tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda.

Sedangkan pemeriksaan penerimaan diselenggarakan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

2. Sekolah Polisi Negara (SPN)

Selanjutnya ada Sekolah Polisi Negara atau SPN. Kalau kamu ingin jadi Bintara Polisi, kamu bisa ambil Pendidikan Kepolisian di SPN dengan lama waktu pendidikan 7 bulan.

Setelah itu, kamu akan menjadi seorang Brigadir Polisi Dua atau BRIPDA. Lalu, dalam 4 tahun, kamu dapat memperoleh pangkat Brigadir Polisi Satu (BRIPTU) dan 4 tahun berikutnya menjadi seorang BRIGADIR.

Jenjang kepangkatan setelahnya adalah Brigadir Polisi Kepala atau BRIPKA dalam 4 tahun, lalu selanjutnya ada Ajun Inspektur Dua atau AIPDA dalam 5 tahun, dan Ajun Inspektur Satu (AIPTU) dalam 2 tahun.

SPN berada di bawah Polda Metro Jaya dan bertugas menyelenggarakan pendidikan pembentukan Tamtama, Bintara, dan alih golongan ke Perwira Pertama (Inspektur) serta pendidikan dan pelatihan lain sesuai program/kebijakan.

Adapun lokasi SPN di Indonesia sendiri tersebar di 27 wilayah Indonesia, yaitu:

1. SPN Seulawah Nad

2. SPN Sampali Sumut

3. SPN Padang Besi Sumbar

4. SPN Pekanbaru Riau

5. SPN Betung Sumsel

6. SPN Bukit Kaba Bengkulu

7. SPN Jambi

8. SPN Kemiling Lampung

9. SPN Mandalawangi Banten

10. SPN Lido Metro Jaya

11. SPN Cisarua Jabar

12. SPN Purwokerto Jateng

13. SPN Selopamioro DIY

14. SPN Mojokerto Jatim

15. SPN Singaraja Bali

16. SPN Pontianak Kalbar

17. SPN Balikpapan Kaltim

18. SPN Banjarbaru Kalsel

19. SPN Tjilik Riwut Kalteng

20. SPN Batuah Sumsel

21. SPN Labuan Panimba Sulteng

22. SPN Karombasan Sulut

23. SPN Anggotoa Sultra

24. SPN Passo Maluku

25. SPN Kupang NTT

26. SPN Belanting NTB

27. SPN Jayapura Papua


3. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Selanjutnya, ada Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana atau SIPSS. Sekolah ini diperuntukkan bagi lulusan sarjana yang ingin jadi anggota polisi.

Nantinya, peserta yang mendaftar akan menempuh pendidikan sarjana dengan waktu tempuh yang singkat, yaitu 6 bulan.

Setelah lulus, peserta akan langsung mendapatkan pangkat yang setara dengan lulusan Akpol, yaitu Inspektur Dua atau Ipda.

Lokasi SIPSS ini terdapat di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Nah, itulah informasi terkait Sekolah Pendidikan Kepolisian yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin berkarier hingga punya pangkat tinggi sebagai polisi. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Viral Video Polisi Pukul Polisi Militer di Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia