Urutan Pangkat Polisi Terendah hingga Tertinggi, Bharada sampai Jenderal

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 16:00 WIB
Listyo Sigit Prabowo resmi menyandang pangkat Jenderal Polisi usai dilantik Presiden Jokowi jadi Kapolri
Foto: BPMI Setpres/Ilustrasi Pangkat Polisi
Jakarta -

Polisi adalah salah satu profesi yang memiliki tugas utama untuk bertindak tegas dalam menghadapi kejahatan serta menjaga tegaknya hukum di Indonesia.

Seperti halnya profesi lain, polisi juga memiliki jenjang karier sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) yang diurutkan berdasarkan pangkatnya masing-masing.

Struktur jabatan dan pangkat pada POLRI mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2001. Pada saat itu, TNI dan POLRI mulai dipisahkan sehingga memiliki tingkat pangkatnya masing-masing.

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam BAB II tentang Golongan Kepangkatan Pasal 3, pangkat polisi terdiri dari Tamtama, Bharada dan Perwira.

Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi

Melansir dari situs resmi POLRI, berikut pemangkatan polisi dari yang terendah hingga tertinggi.

1. Tamtama

Pangkat polisi yang paling rendah adalah Tamtama. Pada pangkat ini, anggota jabatan yang termasuk ke dalam golongan pangkat Tamtama terdiri dari:

a. Bhayangkara Dua (Bharada)

Pangkat ini hampir sama dengan pangkat Militer yaitu Prajurit Dua. Biasanya mereka bertugas sebagai pendamai berbagai penyebab konflik agama atau antar suku.

b. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Setelah Bharada, ada pangkat yang lebih tinggi di atasnya yaitu Bharatu. Nama tersebut sama di tingkat kemiliteran Indonesia termasuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

c. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Pangkat Bharaka dilambangkan dengan tanda tiga garis miring berwarna merah. Dulunya nama pangkat ini masih Prajurit Kepala atau disingkat Praka.

Namun, pada tahun 2001 Indonesia mengalami perombakan nama pangkat di kepolisian, sehingga pangkat yang semula bernama Praka menjadi Bharaka.

d. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Pangkat Abripda memegang posisi terbawah di posisi Ajun Brigadir. Pangkat ini dilambangkan dengan tanda V terbalik dengan warna merah.

e. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

Semula, pangkat ini bernama Kopral Satu. Setelah mengalami perubahan, pangkat ini menjadi Ajun Brigadir Kepala Satu atau Abriptu.

f. Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Nama Abrip mengalami perubahan sampai dua kali. Nama yang pertama adalah Kopral Kepala yang mana termasuk dalam personel militer terbaik di dunia.

Kemudian nama perubahan yang kedua adalah Bhayangkara Utama I. Pangkat ini merupakan yang tertinggi di kelas Tamtama dan masih di bawah Bintara

2. Bintara

Bintara polisi atau Bintara Polri merupakan pelayan untuk masyarakat terdepan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pada pangkat ini, biasanya anggota kepolisian memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti mengurus SIM, melaporkan perkara, bahkan menanyakan jalan.

Pangkat Bintara sendiri terdiri dari:

a. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Brigadir Polisi Dua atau disingkat Bripda merupakan pangkat terbawah di kelas Bintara. Dulu sebelum mengalami perubahan, nama Bripda adalah Sersan Dua Polisi. Bripda memiliki posisi yang sama dengan Sersan Dua di dalam kemiliteran.

b. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Kemiliteran Indonesia juga termasuk dalam angkatan bersenjata terbaik di dunia dan memiliki pangkat Sersan Satu.

Sersan Satu merupakan tingkat yang sama dengan salah satu pangkat di kepolisian yaitu Brigadir Polisi Satu yang membawahi Bripda atau Brigadir Polisi Dua. Sebelum namanya berubah menjadi Briptu, dulu namanya adalah Sersan Satu Polisi.

c. Brigadir Polisi (Brigpol)

Pangkat yang lebih tinggi dari Briptu yaitu Brigadir Polisi. Pangkat ini memastikan bahwa pangkat Brigadir Polisi satu dan Brigadir Polisi Dua sudah menjalankan tugasnya secara tertib dan konsisten.

d. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Bripka sangat berperan penting di kelas Bintara. Mereka bertugas melakukan controlling dan pengawasan terhadap semua Brigadir-brigadir bawahannya.

Bripka sendiri dulunya memiliki nama Sersan Mayor sebelum ada perubahan nama pada tahun 2011 dan diganti namanya menjadi Brigadir Polisi Kepala (Bripka).

3. Perwira

Pangkat tertinggi dalam kepolisian adalah Perwira. Nah, pangkat Perwira dibagi lagi ke dalam 3 posisi, yaitu Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi.

a. Perwira Tinggi, yaitu struktur jabatan tertinggi dalam POLRI dan terdiri atas beberapa jabatan. Di antaranya, ada Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi (KOMJEN), Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN), dan Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJEN).

b. Perwira Menengah, yaitu struktur jabatan penting di dalam POLRI dan terdiri atas Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Polisi (KOMPOL).

c. Perwira Pertama, yaitu struktur jabatan dalam POLRI dan terdiri atas Ajun Komisaris Polisi (AKP), Inspektur Polisi Satu (IPTU), dan Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Itulah pangkat polisi dari yang terendah hingga tertinggi. Jadi sekarang detikers sudah tahu ya posisi Bharada sampai Jenderal!



Simak Video "Viral Video Polisi Pukul Polisi Militer di Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia