Apa Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan? Ini Jawabannya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 09 Agu 2022 15:30 WIB
Sekolah
Ilustrasi siswa sekolah sedang belajar perbedaan kata pemimpin dan kepemimpinan (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Pemimpin dan kepemimpinan adalah dua kata dengan kata dasar "pimpin". Namun meski berasal dari kata dasar yang sama, kata pemimpin dan kepemimpinan memiliki makna yang berbeda. Hal ini juga dapat dilihat dari penggunaan imbuhan yang berbeda.

Perbedaan pemimpin dan kepemimpinan secara sederhana yakni, kata pemimpin digunakan untuk merepresentasikan seseorang, sedangkan kata kepemimpinan merepresentasi sebuah tindakan. Untuk memahami definisi kedua kata tersebut lebih dalam, berikut penjelasannya.


Pengertian Pemimpin

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemimpin berarti orang yang memimpin. Namun kata tersebut juga dapat berarti petunjuk. Sedangkan dalam Tesaurus Bahasa Indonesia, pemimpin adalah dapat berarti atasan, imam, dan pelopor.


Kata pemimpin merupakan terjemahan dari kata asing, yakni leader. Pemimpin adalah individu yang memiliki superioritas tertentu sehingga memiliki wibawa dan kuasa atas tindakan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu, seperti dikutip dari Kartono oleh Abdi Tanjung dkk dalam buku berjudul Integritas Pemimpin Terhadap Korupsi.


Sesuai dengan sebutannya, pemimpin merupakan seseorang yang memiliki kemampuan dalam memimpin. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemimpin adalah seseorang yang mampu memimpin kelompok dengan memengaruhi orang lain tanpa mengindahkan bentuk dan alasannya.


Melansir buku bertajuk Menjadi Pemimpin Efektif karya Nia Tjiptono, dijelaskan juga bahwa pemimpin adalah individu yang bertugas menentukan arah suatu hal, menentukan tujuan, baik internal maupun eksternal, menyelaraskan aset dan keterampilan kelompok dalam menghadapi perubahan lingkungan. Secara singkat, pemimpin merupakan ahli strategi yang menetapkan tujuan kelompok.


Pengertian Kepemimpinan

Kata kepemimpinan merupakan terjemahan dari kata leadership dalam bahasa Inggris. Dalam ensiklopedi Umum, kata tersebut diartikan sebagai hubungan yang erat antara seorang dan kelompok manusia, karena ada kepentingan yang sama, sebagaimana dijelaskan dalam buku Kepemimpinan Integratif oleh Dr. Yustinus Budi Hermanto dan Veronika Agustini Srimulyani.


Ada begitu banyak penelitian yang dilakukan untuk mengemukakan definisi kepemimpinan yang sebenarnya. Namun setiap orang ternyata memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai definisi kepemimpinan.


Melansir buku Kepemimpinan Pelayan karya Dr. H. Zainuddin Mustapa dkk, berikut definisi kepemimpinan menurut beberapa tokoh:

Terry & Rue berpendapat bahwa kepemimpinan merupakan hubungan dalam diri seorang pemimpin yang memengaruhi orang lain untuk bekerja sama secara sadar dalam hubungan tuga yang diinginkan


Sanusi mendefinisikan kepemimpinan sebagai penyatupaduan dari kemampuan, cita-cita, dan semangat kebangsaan dalam mengatur, mengendalikan, dan mengelola, organisasi, rumah tangga keluarga, atau rumah tangga negara.


Yaverbaum & Sherman menyatakan bahwa kepemimpinan adalah tindakan mendapat kerja sama dari orang untuk mencapai sesuatu


Bush menjelaskan tentang definisi kepemimpinan, yakni tindakan memengaruhi orang lain untuk mencapi tujuan akhir sesuai dengan yang diharapkan. Ada tiga unsur dalam definisi ini, yakni 1) memengaruhi 2) tindakan orang lain 3) tujuan akhir


Gibson mengemukakan pengertian kepemimpinan sebagai tindakan mencoba menggunakan pengaruh untuk memotivasi individu-individu untuk mencapai tujuan yang sama.


Dari sekumpulan definisi kata kepemimpinan menurut para tokoh, maka dapat diketahui bahwa kepemimpinan adalah sikap atau tindakan seorang pemimpin dalam memengaruhi dan mengatur orang lain demi mencapai suatu tujuan.



Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia