Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban, Latihan Yuk!

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 02 Agu 2022 12:30 WIB
Sejumlah pelajar SMP di Kota Yogyakarta mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Seperti apa pelaksanaannya?
Contoh soal ANBK SMA 2022. Foto: Pius Erlangga/Detikcom
Jakarta -

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang SMA, MA, MAK, SMK, dan Paket C akan dilaksanakan pada 29 Agustus-1 September 2022 mendatang. Agenda ini disusul dengan pelaksanaan AN jenjang Paket C pada 3-4 September 2022. Menjelang ANBK 2022, ada baiknya siswa mencoba latihan contoh soal ANBK SMA.

ANBK SMA terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pada AKM, siswa akan mengerjakan soal-soal asesmen literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi.

Materi ANBK SMA bagian literasi membaca terdiri dari mengakses informasi dalam teks, mencari dan memilih informasi yang relevan, menganalisis perubahan di elemen instrinsik pada teks sastra, menyusun ienferensi, membuat koneksi, dan prediksi pada teks tunggal dan jamak, menilai format penyajian dalam teks, hingga merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan dan mengaitkannya pada pengalaman pribadi.

Sementara itu, materi ANBK SMA bagian numerasi terdiri dari bangun geometri seperti menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola, memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri, aljabar seperti menyelesaikan persamaan, pertidaksamaan kuadrat, persamaan linear dua atau tiga variabel, relasi dan fungsi seperti barisan aritmetika dan geometri, fungsi kuadrat, grafik, dan sifatnya, jangkauan, simpangan, dan variansi data, hingga peluang kejadian.

Dikutip dari laman Simulasi ASN Nasional, berikut contoh soal ANBK SMA 2022:

Contoh Soal ANBK SMA 2022 Literasi Membaca

Perhatikan teks berikut.

Di hamparan gurun yang seragam, jangan lagi menjadi butiran pasir. Sekalipun nyaman engkau di tengah impitan sesamamu, tak akan ada yang tahu jika kau melayang hilang.

Di lingkungan gurun yang serba serupa, untuk apalagi menjadi kaktus. Sekalipun hijau warnamu, engkau tersebar di mana-mana. Tak ada yang menangis rindu jika kau mati layu.

Di lanskap gurun yang mahaluas, lebih baik tidak menjadi oase. Sekalipun rasanya kau sendiri, burung yang tinggi akan melihat kembaranmu di sana-sini.

Di tengah gurun yang tertebak, jadilah salju. Embun pagi tak akan kalahkan dinginmu, angin malam akan menggigil ketika melewatimu, oase akan jengah, kaktus akan terperangah. Semua butir pasir akan tahu jika kau pergi, atau sekedar bergerak dua inci.

Dan setiap senti gurun akan terinspirasi, karena kau berani beku dalam panas, kau berani putih meski sendiri, karena kau... berbeda.

Disadur dari Buku Filosofi Kopi karya Dewi Lestari oleh Ruri Irawati

  • 1. Mengapa "engkau" tidak perlu menjadi sebuah kaktus di lingkungan gurun yang serba serupa?

A. Akan ada banyak yang menyamai warnanya.

B. Warnanya belum tersebar di setiap sudut gurun.

C. Tidak akan diketahui jika pergi melayang hilang.

D. Tidak akan ada yang menangis rindu saat mati layu.

E. Tidak akan ada yang bersedih saat terkena badai.

Jawaban: Tidak akan ada yang menangis rindu saat mati layu (D)

  • 2. Apa alasan penulis memilih menggunakan kata 'salju'?

A. Kata salju mewakili tujuan penulis yang ingin menyampaikan pesan bahwa untuk menjadi kuat harus berani menghadapi cobaan.

B. Kata salju yang berwarna putih dapat diartikan suci, mewakili harapan penulis bahwa seseorang harus menjadi orang baik bagi sekitarnya.

C. Kata salju dipilih penulis untuk mengajak pembaca menjadi seorang yang berani berbeda dan percaya diri, tidak sama dengan orang lain.

D. Kata salju dipilih penulis untuk menjelaskan bahwa di tengah masyarakat kita harus bisa menjadi orang yang dapat memberikan manfaat.

E. Kata salju dapat mewakili perasaan penulis yang sedang membeku, sedih, dan kecewa karena ditinggalkan oleh teman dan keluarganya.

Jawaban: Kata salju dipilih penulis untuk mengajak pembaca menjadi seorang yang berani berbeda dan percaya diri, tidak sama dengan orang lain. (C)

  • 3. Pernyataan berikut merupakan perubahan yang terjadi pada tokoh engkau saat sebelum dan sesudah menjadi salju.

Berilah tanda centang (√) pada kolom Setuju atau Tidak Setuju untuk setiap pernyataan!

A. Saat menjadi pasir tokoh engkau tidak banyak dikenal orang, setelah menjadi salju tokoh engkau sangat dikenal oleh lingkungannya. [Setuju/Tidak Setuju]

B. Saat menjadi kaktus tidak ada yang peduli saat tokoh engkau sedih, setelah menjadi salju banyak orang menjadi peduli pada tokoh engkau. [Setuju/Tidak Setuju]

C. Saat menjadi oase tokoh engkau bermanfaat bagi banyak orang, setelah menjadi salju tokoh engkau tak mampu lagi memberikan manfaat. [Setuju/Tidak Setuju]

D. Saat menjadi pasir tokoh engkau bahagia di tengah keluarganya, setelah menjadi salju tokoh engkau menjadi terasing di antara keluarganya. [Setuju/Tidak Setuju]

E. Saat menjadi oase tokoh engkau tidak mendapat perhatian, setelah menjadi salju tokoh engkau menjadi perhatian orang di sekitarnya. [Setuju/Tidak Setuju]

Jawaban: A (Setuju), B (Setuju), C (Tidak Setuju), D (Tidak Setuju), E (Setuju)

  • 4. Apa yang dirasakan oleh tokoh engkau saat dia bertindak hingga setiap gurun akan terinspirasi? Berilah tanda pada kolom sesuai atau tidak sesuai berdasarkan isi teks!

A. Menjadi beda luar biasa [Sesuai/Tidak Sesuai]

B. Tetap indah meski tak sama [Sesuai/Tidak Sesuai]

C. Merasa damai dalam keramaian [Sesuai/Tidak Sesuai]

D. Unik sehingga sangat menarik [Sesuai/Tidak Sesuai]

E. Merasa nyaman karena seragam [Sesuai/Tidak Sesuai]

Jawaban: A (Sesuai), B (Sesuai), C (Tidak Sesuai), D (Sesuai), E (Tidak Sesuai)

Perhatikan teks berikut.

Panic Buying sebagai Gejala Sosial

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat. Permasalahan ini memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan hidupnya. Pengertian umum ini diadopsi dari ilmu alam untuk diterapkan dalam ilmu sosial, khususnya Sosiologi. Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi klasik yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi.

Munculnya gejala sosial diawali dari perubahan-perubahan sosial yang ada di masyarakat. Contoh perubahan tersebut adalah perubahan kondisi ekonomi, kondisi pemerintahan, kondisi lingkungan alam, dan kondisi sosial dalam komunitas masyarakat. Misalnya saja perubahan sosial yang terjadi di masa pandemi virus corona pada tahun 2020. Merebaknya virus corona ke beberapa negara pada tahun tersebut menyebabkan banyak terjadi gejala sosial baru. Kepanikan sosial melanda di banyak sudut dunia. Salah satu gejala sosial yang melanda beberapa negara akhir-akhir ini adalah panic buying.

Panic buying merupakan fenomena ketika masyarakat melakukan penimbunan beberapa barang pada saat terjadi situasi darurat tertentu. Dalam kasus merebaknya virus corona, barang-barang yang menjadi incaran para konsumen adalah hand sanitizer (cairan pembersih tangan) dan masker. Hal ini terjadi karena kepanikan masyarakat akan kelangkaan barang yang menyebabkan melambungnya harga.

Memahami gejala sosial, seperti panic buying, sangat penting untuk mencegah munculnya permasalahan sosial yang lebih besar. Tindakan mengobati gejala sosial dapat mengurangi risiko bencana sosial ke depan. Dengan memahami dan menemukan solusi atas munculnya gejala sosial ini, diharapkan efek negatif ke depan bisa diantisipasi.

  • 5. Berdasarkan teks wacana tersebut, apa efek negatif panic buying bagi negara?

A. menimbulkan inflasi atau kenaikan harga

B. membuat keuangan akan terganggu

C. melancarkan usaha masyarakat kecil

D. menyebabkan produktivitas meningkat

E. meningkatkan daya saing dan kualitas

Jawaban: menimbulkan inflasi atau kenaikan harga (A)

  • 6. Judul pada wacana teks mengandung arti bahwa peran seorang pembeli sangat menentukan terjadinya situasi panic buying. Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang sesuai sebagai perubahan dan upaya praktis yang dapat kita lakukan untuk mengatasi panic buying!

A. Membuat secara kreatif barang keperluan selama terjadi masalah sosial panic buying.

B. Membeli barang seperlunya atau tidak melampaui batas kewajaran pembelian barang.

C. Ikut terlibat dalam pengadaan barang sehingga pasti akan kebagian barang tersebut.

D. Membuat posko pengaduan kelangkaan barang yang akan dilaporkan ke pemerintah.

E. Melakukan kegiatan sosial untuk membantu atau berbagi barang dengan sesama.

Jawaban: Membuat secara kreatif barang keperluan selama terjadi masalah sosial panic buying, membeli barang seperlunya atau tidak melampaui batas kewajaran pembelian barang, melakukan kegiatan sosial untuk membantu atau berbagi barang dengan sesama (A,B, E)

Contoh Soal ANBK SMA 2022 Literasi Matematika/Numerasi

  • 1. Andi mengikuti kursus academic writing untuk melatih kemampuannya dalam menulis. Academic writing adalah kemampuan menulis karya ilmiah dalam Bahasa Inggris yang mengikuti kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk belajar menulis dengan baik, guru meminta Andi untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Kemudian pada minggu-minggu berikutnya Andi harus menambahkan 20 kata untuk setiap minggu.

Andi mendapat tugas untuk menulis sebuah teks yang terdiri dari 100 kata pada minggu pertama. Pada minggu-minggu berikutnya, Andi harus menambahkan 20 kata setiap minggu. Andi menuliskan teks dengan jumlah kata sesuai dengan permintaan.

Pada minggu ke berapakah Andi menulis teks sebanyak 300 kata?

A. 9

B. 10

C. 11

D. 12

E. 13

Jawaban: 11 (C)

  • 2. Liga Champions 2019/2020, sebuah kompetisi sepak bola di Eropa, telah melewati babak penyisihan grup dengan juara dan runner-up masing-masing grup sebagai berikut.

Juara: Grup A PSG, Grup B Bayern Munchen, Grup C Manchester City, Grup D Juventus, Grup E Liverpool, Grup F Barcelona, Grup G Leipzig, Grup H Valencia

Runner Up: Grup A Real Madrid, Grup B Tottenham Spur, Grup C Atalanta, Grup D Atletico Madrid, Grup E Napoli, Grup F Dortmund, Grup G Lyon, Grup H Chelsea

Berikut daftar asal negara tim yang lolos babak penyisihan grup:

Inggris: Manchester City, Liverpool, Tottenham Spur, Chelsea

Spanyol: Barcelona, Valencia, Real Madrid, Atletico Madrid

Jerman: Bayern Munchen, Leipzig, Dortmund

Italia: Juventus, Atalanta, Napoli

Perancis: PSG, Lyon

Untuk babak 16 besar akan dilakukan pengundian tim yang akan bertanding. Aturan undian babak 16 besar adalah juara grup akan bertemu dengan runner-up grup yang tidak berasal dari grup atau negara yang sama.

Pada pengundian lawan PSG di babak 16 besar. Pilih "Benar" atau "Salah" untuk setiap pernyataan berikut ini!

A. Peluang PSG bertemu dengan Dortmund adalah 1/6 [Benar/Salah]

B. Peluang PSG bertemu dengan tim dari Italia adalah 1/3 [Benar/Salah]

C. Peluang PSG tidak bertemu dengan tim dari Inggris adalah 2/3 [Benar/Salah]

D. Peluang PSG bertemu dengan tim dari Jerman adalah 1/6 [Benar/Salah]

Jawaban: A, B, C, D benar

Perhatikan teks berikut.

Dalam sebuah ajang bergengsi diadakan perlombaan antarklub ekstrakurikuler bidang olahraga. Acara ini diselenggarakan setahun sekali. Salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan adalah renang. Aturan perolehan poin dalam perlombaan renang tersebut adalah sebagai berikut.

Posisi finish pertama: 5 poin
Finish kedua: 3 poin
Finish ketiga: 1 poin

Dalam perlombaan tahun ini, klub ekstrakurikuler sekolah SMA KITA berhasil memenangkan pertandingan dari 20 pertandingan renang secara perorangan.

  • 3. Diketahui total poin yang diperoleh klub ekskul SMA KITA adalah 66 poin dengan rincian total poin yang diperoleh ketika finish di tempat kedua sama dengan gabungan poin yang diperoleh ketika finish pada tempat pertama dan ketiga. Berdasarkan hal tersebut, banyak atlet klub ekskul SMA KITA yang finish di tempat kedua adalah .... orang.

Jawaban: 11 orang

  • 4. Pada tahun sebelumnya, klub ekstrakurikuler SMA KITA mengikuti perlombaan yang sama dan memenangi 20 pertandingan dengan total poin yang lebih besar yaitu 84 poin. Namun, saat itu menurut wasit terjadi pelanggaran sehingga total poin berkurang menjadi 72. Diketahui saat itu, banyak atlet ekstrakurikuler SMA KITA yang finish di posisi 2 adalah dua kali banyak atlet yang finish di posisi 3.

Berilah tanda centang pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut berkaitan dengan adanya pengurangan poin!

A. Seluruh atlet yang finish pertama didiskualifikasi [Benar/Salah]

B. Ada 4 orang atlet yang didiskualifikasi. [Benar/Salah]

C. Jika ada atlet yang finish ketiga didiskualifikasi, maka akan ada atlet yang finish pertama didiskualifikasi juga. [Benar/Salah]

Jawaban: A Salah, B Benar, C Benar

  • 5. Sebuah roket air ditembakkan dari atas gedung dengan ketinggian 90 feet mengarah ke atas dengan persamaan:


h(t) = -8t2 + 20t + 90


dengan h menyatakan ketinggian peluru (dalam feet) dan t waktu dalam detik. Satuan feet disingkat ft atau kaki dapat dikonversi menjadi meter, dimana 1 feet = 0,3048 meter.


Seseorang yang berada di atas gedung lain dengan ketinggian 98 feet akan dapat melihat roket ketika ketinggian roket sama dengan ketinggian tempat orang tersebut berada atau di atasnya.

Berikut adalah pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan percobaan roket air tersebut. Berilah tanda centang pada setiap pernyataan yang benar! Pernyataan benar lebih dari satu!

A. Seorang pada gedung yang berlainan tersebut dapat melihat roket pada interval ½ ≤ t ≤ 2 setelah roket ditembakkan.

B. Roket mencapai ketinggian maksimum pada saat t = 1,5 detik.

C. Pada saat t = 4 detik, ketinggian roket lebih dari 40 feet.

Jawaban: Seorang pada gedung yang berlainan tersebut dapat melihat roket pada interval ½ ≤ t ≤ 2 setelah roket ditembakkan dan pada saat t = 4 detik, ketinggian roket lebih dari 40 feet. (A dan C)

  • 6. Di samping rumah Faiz terdapat 2 kolam pemeliharaan ikan lele yang masih kosong dengan ukuran sama seperti tampak pada gambar berikut.

Faiz, Fitroh, dan Rizki mengadakan percobaan mengisi kolam tersebut sampai penuh dengan ukuran diameter selang air yang berbeda-beda meskipun memiliki panjang yang sama. Dari percobaan tersebut didapat data sebagai berikut.

Faiz: 10 menit
Fitroh: 15 menit
Rizki: 20 menit

Berdasarkan data percobaan, pernyataan yang benar adalah ...

A. Debit air terbesar adalah pada percobaan Rizki.

B. Debit air terbesar adalah pada percobaan Faiz.

C. Semakin besar waktu yang dibutuhkan semakin tinggi debit airnya.

D. Semakin kecil waktu yang dibutuhkan semakin rendah debit airnya.

E. Diameter selang yang paling besar adalah milik Fitroh.

Jawaban: Debit air terbesar adalah pada percobaan Faiz. (B)

Bagaimana detikers, bisa mengerjakan contoh soal ANBK SMA di atas? Selamat belajar, ya!



Simak Video "Taman Martha Christina Tiahahu yang Dulu Kumuh, Kini Jadi Taman Literasi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia