Pengertian Seni Rupa Beserta Unsur dan Contohnya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Senin, 01 Agu 2022 19:30 WIB
Pengunjung melihat karya berjudul Siklus ciptaan Alif Edi Irmawan di Pameran Manifesto VIII : Transposisi di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2022). Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia yang bertajuk Manifesto VIII : Transposisi.

Tema
Foto: Agung Pambudhy/Pengertian Seni Rupa Beserta Unsur dan Contohnya
Jakarta -

Seni rupa adalah wujud dari budaya yang berasal dari pemikiran atau perasaan manusia. Jika kamu pernah pergi ke museum dan melihat lukisan-lukisan para seniman, secara tidak langsung kamu telah menikmati bentuk dari seni rupa.

Seni rupa juga bagian dari bentuk jenis seni dengan medium yang dapat dilihat secara kasat mata.

Secara umum, seni didefinisikan sebagai manifestasi dari segala yang dilakukan oleh seseorang dengan menciptakan kemewahan, kenikmatan, dan kebutuhan spiritual.


Pengertian, Unsur, dan Contoh Seni Rupa:


Pengertian Seni Rupa

Melansir dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2015) oleh Sofyan Salam, dan kawan-kawan, seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Corak dari seni rupa ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Secara garis besar, terjemahan dari seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art ini menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni.

Atas dasar ini, kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam pembahasan visual arts.

Bedanya dengan jenis seni lain, seni rupa ini menjadi karya yang selalu menonjolkan nilai-nilai estetika atau keindahan. Dalam konteks ini, seni rupa berfungsi sebagai medium untuk memperindah suatu objek atau tempat.

Secara praktis, seni rupa memang untuk menunjukkan sisi keindahan. Akan tetapi, seni rupa ini juga sangat berpengaruh pada cara menikmati, mengolah, dan menilai suatu karya.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Adapun beberapa unsur dalam seni rupa, yaitu:


1. Garis

Garis merupakan unsur mendasar dan unsur paling penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Perwujudan karya seni rupa pada umumnya diawali dengan coretan garis sebagai rancangannya.

Garis memiliki 2 dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.

2. Raut

Raut adalah tampak dari potongan atau bentuk dari suatu objek. Di mana raut dapat terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu yang membentuk bidang.

Kemudian, raut juga dapat berarti perwujudan dari sebuah objek atau sering disebut bidang atau bangun.

Bidang atau bangun, yaitu unsur yang selalu berkaitan dengan benda, baik benda alami maupun buatan.

Di lain sisi, bidang dapat berupa bangun beraturan seperti lingkaran, segi empat segi tiga atau tidak beraturan. Selain berupa bangun, benda juga memiliki bentuk plastis.

3. Ruang

Ruang menjadi unsur dari sebuah karya seni rupa yang menunjukkan dimensi dari karya seni rupa tersebut. Artinya, ruang dua dimensi hanya menunjukkan ukuran atau dimensi panjang dan lebar. Sedangkan ruang pada karya seni rupa berbentuk tiga dimensi, karena adanya volume yang memberikan kesan yang mendalam.

4. Tekstur

Unsur tekstur atau sering kali disebut barik adalah kualitas taktil dari suatu permukaan. Taktil artinya dapat diraba atau yang berkaitan dengan indra peraba.

Di samping itu, tekstur juga dapat dimaknai sebagai penggambaran struktur permukaan suatu objek baik halus maupun kasar.

5. Warna

Warna adalah unsur yang pada dasarnya merupakan kesan dan ditimbulkan akibat pantulan cahaya yang mengenai permukaan suatu benda.

Dalam karya seni rupa, warna dapat berwujud seperti garis, bidang, ruang, dan nada gelap terang.

Contoh Seni Rupa di Indonesia

Untuk mengetahui contoh seni rupa yang ada di Indonesia, berikut ini beberapa daftarnya.


1. Seni patung yang ada di daerah Papua dan Sumatra Utara

2. Seni ukir yang ada di daerah Toraja

3. Batik yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta

4. Kain tenun dari daerah Sumba

5. Anyaman dari daerah Banyuwangi dan Jawa Tengah


Nah, itulah pengertian seni rupa beserta unsur dan contohnya di Indonesia. Apakah detikers sudah pernah melihat langsung karya seni rupa?



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia