Pengertian Seni Lengkap dengan Perannya dalam Kehidupan Manusia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 17 Mar 2022 14:32 WIB
Potongan rambut bekas ternyata bisa digunakan sebagai media untuk melukis. Wanita asal Macedonia ini pun melakukannya. Penasaran?
Foto: REUTERS/Ognen Teofilovski/Pengertian Seni Lengkap dengan Perannya dalam Kehidupan Manusia
Jakarta -

Seni sudah dikenal oleh orang sejak usia dini atau saat duduk di bangku sekolah dasar. Namun, tahukah kamu apa pengertian seni sebenarnya dan apa peran seni dalam kehidupan manusia?

Secara umum, seni yang merupakan salah satu unsur kebudayaan dikenal di dunia pendidikan sebagai pengembangan kreativitas dan imajinasi anak.

Lantas apa pengertian seni sebenarnya? Berikut ulasannya.

Pengertian dan Peranan Seni dalam Kehidupan Manusia:

A. Pengertian Seni

Mengutip buku "Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Usia Dini" oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa, M.Pd dan Pertiwi Kamariah Hasis, M.Pd, seni adalah hasil ungkapan rasa keindahan, kebahagiaan, kesedihan, yang wujudnya dapat berupa lukisan, gambar, patung, dan sebagainya.

Sementara dari arti katanya "seni" berasal dari kata sani yang artinya jiwa yang luhur atau ketulusan jiwa. Sedangkan menurut kajian ilmu di Eropa, art artinya kurang lebih adalah pembuatan barang atau karya yang mengekspresikan perasaan.

Adapun macam-macam aliran seni antara lain:

1. Klasisisme, disebut juga neoklasisme, yaitu aliran seni rupa bangunan, tata ruang, dan sastra yang mengacu pada bentuk yang antik atau klasik abad ke-18.

2. Naturalisme, berupaya menerapkan pandangan jujur, akurat, dan mirip agar tampat natural.

3. Realisme merupakan aliran yang mengangkat peristiwa keseharian banyak orang atau masyarakat luas.

4. Ekspresionisme, adalah aliran seni yang mengutamakan pengungkapan jiwa seniman pada sebuah ciptaan, bukan dari peniruan alam dunia.

5. Impresionisme, merupakan aliran yang mendasarkan penciptaan karya dari apa yang dihayati dan dilihat berdasarkan pencahayaan dan proses terjadinya warna.


B. Peranan Seni dalam Kehidupan Manusia

Dalam buku "Pembelajaran Seni Rupa Di SD" oleh Yunisrul dijelaskan, sejarah telah mencatat bahwa seni memegang beberapa peranan dalam kehidupan manusia.

Banyak peninggalan atau karya seni sejak zaman prasejarah sampai sekarang menunjukkan peranannya bagi kehidupan manusia, seperti:

1. Seni sebagai Kebutuhan

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia biasanya melengkapi dirinya dengan berbagai peralatan dan perlengkapan sebagai penunjang atau perlengkapan untuk menyempurnakan pekerjaannya.

Beberapa alat dan perlengkapan tersebut di antaranya alat upacara keagamaan, perlengkapan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya dalam kegiatan sehari-hari.

Bahkan sejak zaman prasejarah, manusia telah berhasil menciptakan alat bantu dalam memenuhi kebutuhan tersebut seperti alat pemukul, tombak, busur, arca nenek moyang, dan berhala.

Hingga kini manusia telah mampu melayani seni untuk kebutuhan dan keperluan masyarakat seperti di bidang industri dan komersial.

2. Seni sebagai Terapi, Ungkapan, dan Komunikasi

Peranan seni sebagai alat terapi, ungkapan dan komunikasi, terutama teori-teori yang membahas peranan seni di dalam lingkup kejiwaan atau ditinjau dari ilmu jiwa.

Hal ini biasanya dijelaskan oleh teori yang menganggap seni dapat dipergunakan sebagai alat pengobatan dan alat hiburan atau bersantai.

Contohnya, manusia berkarya, melukis, mematung, merancang, menciptakan lagu, membuat puisi atau sajak, menciptakan drama, dan sebagainya yang ditunjuk untuk keperluan hiburan atau bersantai melepaskan segala hal dalam batinnya.

Peranan lain adalah seni dipergunakan sebagai alat pelipur lara. Melalu seni manusia mengungkapkan pengalaman-pengalaman emosinya demi kepuasan atau obat ajaib dan pelarian.

Itulah pengertian seni dan peranannya dalam kehidupan manusia. Apakah detikers menyukai bidang seni?



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia