4 Bocah Jenius dengan IQ Tertinggi Mengalahkan Einstein, Seberapa Hebat?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 26 Jul 2022 19:45 WIB
Young smart woman in cap exploring formulas and science looking confident and excited.
Foto: Getty Images/iStockphoto/SIphotography/4 Bocah Jenius dengan IQ Tertinggi Mengalahkan Einstein, Seberapa Hebat?
Jakarta -

Skor IQ atau Intelligence Quotient adalah salah satu cara untuk mengukur kecerdasan seseorang. Beberapa ilmuwan jenius seperti Albert Einstein diketahui memiliki skor IQ 160. Lantas apakah ada yang punya skor IQ lebih tinggi?

Melansir laman Science Trends, skor IQ menurut skala Terman terbagi menjadi beberapa klasifikasi. Pertama skor di bawah 70 diklasifikasikan sebagai "berpikiran lemah", skor antara 70 dan 79, akan mengalami "kekurangan batas", skor antara 80-89 akan menderita kebodohan.

Kemudian skor antara 90 dan 109, berarti memiliki kecerdasan normal atau rata-rata. Untuk skor antara 110 dan 119 akan menunjukkan kecerdasan yang superior dan skor antara 120 dan 140 berarti kecerdasan yang sangat unggul.

Adapun orang yang dikatakan jenius memiliki skor IQ di atas 140, seperti halnya skor IQ yang dimiliki Albert Einstein.

Namun, skor Einstein bukanlah yang tertinggi. Bahkan ada bocah jenius yang sudah memiliki skor IQ melebihi ilmuwan fisika tersebut saat masih anak-anak.

Berikut ini sederet bocah jenius dengan IQ melebihi Albert Einstein dikutip dari India Times.


4 Bocah Jenius dengan IQ Tertinggi Melebihi Einstein:


1. Adhara Pérez Sánchez - 10 Tahun

Bocah berusia 10 tahun menggemparkan dunia setelah mendapatkan skor IQ 162. Bocah asal Meksiko ini memiliki dua poin lebih tinggi dari Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Pérez Sanchez didiagnosis dengan sindrom Asperger, yang termasuk dalam spektrum autisme dan dapat membuat interaksi sosial menjadi sulit.

Namun, sejak usia tiga tahun, Pérez Sánchez sudah bisa belajar membaca, mulai menyusun 100 teka-teki, dan bahkan belajar aljabar.

Saat ini, dia sedang mengejar dua gelar di Meksiko. Satu di bidang teknik di Universidad CNCI dan satu lagi di bidang teknik industri dengan fokus pada matematika di UNITEC.

Dia bermimpi menjadi astronot untuk mengubah dunia, bepergian ke luar angkasa, dan bahkan menjajah Mars, menurut NBC San Diego.


2. Barnaby Swinburn - 12 Tahun

Seorang anak sekolah dari Bristol Inggris menjadi salah satu anak terpintar di dunia setelah mendapat nilai 162 pada tes IQ.

Skor yang didapat bocah 12 tahun itu adalah yang tertinggi bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun dan lebih tinggi dari Albert Einstein, yang IQ-nya diperkirakan 160.


3. Ainan Cawley - 9 Tahun

Ainan Cawley mengikuti kursus kimia tahun ketiga di Singapore Polytechnic pada usia 8 tahun. Kemudian di usia 9 tahun, bocah asal Singapura ini sudah menghafal 518 titik desimal pertama dari pi.

Pada tahun 2013, Ainan menulis, menyutradarai dan mengedit filmnya sendiri, The Sempiternal dan menulis naskah dan menggubah musik untuk film pendek berjudul Reflection ketika ia berusia 12 tahun.

Tahun lalu, saat usianya baru 21 tahun, Ainan diketahui memiliki IQ 263.


4. Michael Kearney - 10 Tahun

Michael Kearney dikenal sebagai orang termuda yang lulus dan mengajar di universitas yakni saat remaja dengan IQ antara 200 dan 325.

Ia bahkan menyelesaikan gelar sarjananya di University of South Alabama, AS, pada usia 10 tahun. Dan pada usia 14, ia mendapatkan gelar Magister Kimia dari Middle Tennessee University, AS dan gelar kedua dalam ilmu komputer dari universitas AS lainnya, Vanderbilt, pada usia 18 tahun.

Nah, itulah sederet bocah jenius dengan IQ tinggi melebihi fisikawan Albert Einstein.



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia