6 Orang Jenius di Dunia dengan Skor IQ di Atas Einstein, Ada dari Indonesia?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 13 Apr 2022 11:00 WIB
German born American physicist Albert Einstein (1879 - 1955), 1946.   (Photo by Central Press/Getty Images)
Foto: Getty Images/6 Orang Jenius di Dunia dengan Skor IQ di Atas Einstein
Jakarta -

Tahukah kamu siapa yang memiliki skor IQ di atas Albert Einstein? Seperti yang diketahui, salah satu cara untuk mengukur kecerdasan seseorang dilakukan dengan Skor Intelligence Quotient atau IQ. Beberapa orang diketahui memiliki skor IQ di atas ilmuwan jenius Albert Einstein.

Mengutip laman Science Trends, kedar kecerdasan atau IQ dikembangkan pada tahun 1916 oleh psikolog Amerika Lewis Madison Terman (1877-1956). Pada saat itu, Lewis dipekerjakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat.

Tes IQ massal pertama dilakukan oleh tentara AS selama Perang Dunia I. Skala asli skor IQ, seperti yang dirancang oleh Terman, mengusulkan beberapa klasifikasi yang berbeda.


Klasifikasi Skor IQ

Menurut skala Terman, siapa pun dengan skor di bawah 70 diklasifikasikan sebagai "berpikiran lemah", skor antara 70 dan 79, akan mengalami "kekurangan batas", skor antara 80-89 akan menderita kebodohan.

Selanjutnya, orang yang memiliki skor antara 90 dan 109, berarti mereka digolongkan memiliki kecerdasan normal atau rata-rata. Untuk skor antara 110 dan 119 akan menunjukkan kecerdasan yang superior dan skor antara 120 dan 140 berarti kecerdasan yang sangat unggul.

Adapun orang yang dikatakan jenius memiliki skor IQ di atas 140. Seperti halnya ilmuwan jenius Albert Einstein yang memiliki skor IQ 160-190.

Namun, skor Einstein bukanlah yang tertinggi karena ada beberapa orang di dunia yang memiliki skor IQ di atas 160-190. Bahkan Presiden RI ke-3 BJ Habibie diketahui memiliki skor IQ 200.

Berikut ini rangkuman orang yang memiliki IQ di atas Albert Einstein dikutip dari CNBC Indonesia.


6 Orang Jenius dengan Skor IQ di Atas Albert Einstein:


1. William James Sidis

William James Sidis diketahui memiliki skor IQ 250-300. Kejeniusannya sudah terlihat sejak usia 5 tahun ketika ia sudah mengoperasikan mesin tik dan belajar bahasa Latin, Yunani, Rusia, Prancis, Jerman, dan Ibrani.

Pada usia 11 tahun, Sidis sudah memberikan kuliah pertamanya yang sangat terkenal tentang fisika 4 dimensi di Harvard University.


2. Ainan Celeste Cawley

Ainan Celeste adalah seorang jenius asal Singapura yang memiliki skor IQ tertinggi yaitu 263. Pada usia 7 tahun, ia dinobatkan sebagai orang termuda di dunia yang lulus tingkat Kimia-O.

Setahun kemudian saat usia 8 tahun, ia mengambil kuliah Kimia di Singapore Polytechnic (sebuah lembaga pendidikan tinggi di Singapura).


3. Terence Tao

Terence Tao diketahui memiliki skor IQ mencapai 225-230. Ia sudah menunjukkan bakat luar biasa di bidang matematika pada usia yang sangat dini.

Bahkan Terence memperoleh gelar doktor saat umurnya baru 20 tahun. Kemudian pada 2006, ia menerima Fields Medal, penghargaan yang dianggap setara dengan Hadiah Nobel dalam matematika, tetapi penghargaan ini diberikan setiap empat tahun.


4. Kim Ung-Yong

Selanjutnya ada Kim Ung-Yong yang memiliki skor IQ 210. Kejeniusannya terlihat sejak balita di mana ia sudah mulai berbicara pada usia enam bulan. Kemudian saat berusia 3 tahun, ia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman.

Saat ini, Ung-Young lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian dan mengajar di Chungbuk National University, Korea Selatan.


5. Christopher Michael Langan

Christopher dikenal sebagai orang terpintar di Amerika Serikat dengan Skor IQ mencapai 190-210. Dia telah mengembangkan sebuah teori yang disebut "Cognitive-Theoretical Model of the Universe". Teori ini pada dasarnya berkaitan dengan hubungan antara pikiran dan kenyataan.


6. Edith Stern

Edith Stern adalah seorang ahli matematika dan investor asal Amerika Serikat dengan IQ hingga 200+. Bahkan Edith memiliki lebih dari 100 paten atas namanya.

Kejeniusan Edith terlihat dari usianya saat duduk di bangku kuliah pada usia 12 tahun. Tiga tahun setelahnya, atau pada usia 15 tahun, Edith menjadi lulusan termuda Florida Atlantic University.

Di bidang pendidikan, dia telah mengajar matematika dan trigonometri di Michigan State University bahkan sebelum usianya 20 tahun. Edith juga tercatat pernah menjadi Wakil Presiden Departemen Riset dan Pengembangan di IBM.

Nah, itulah beberapa orang jenius di dunia dengan skor IQ di atas Albert Einstein.



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia