Bukan Einstein, 10 Orang Ini Miliki IQ Super Jenius

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Sabtu, 09 Jul 2022 17:45 WIB
Saat Sang Profesor Julurkan Lidah: Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Einstein
Tak hanya Einstein yang punya IQ super. Berikut daftarnya Foto: DW (News)
Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) kerap kali diidentikan dengan kejeniusan seseorang. Di dunia sendiri ada beberapa orang yang memiliki IQ tinggi yang artinya kecerdasan intelektual mereka melebihi rata-rata.

Skor IQ rata-rata manusia berkisar antara 70 hingga 130. Jika seseorang memiliki skor IQ lebih dari 145, mereka dapat digolongkan sebagai jenius. Sebagai contoh ilmuwan Albert Einstein yang skor IQ-nya mencapai 160-190, ia sering disebut manusia yang paling jenius.

Namun, Einstein bukan satu-satunya manusia yang memiliki skor IQ tinggi. Masih ada manusia lainnya dengan skor IQ diatas 200, siapa saja? Dikutip dari CNBC Indonesia, berikut 10 orang dengan IQ super jenius.

1. Edith Stern

Edith Stern adalah seorang wanita asal Amerika Serikat yang memiliki skor IQ hingga 200+. Wanita kelahiran 1952 tersebut merupakan ahli matematika sekaligus investor. Dengan skor IQ-nya yang tinggi, Stern masuk bangku kuliah pada usia 12 tahun.

Lalu, ketika umurnya menginjak 15 tahun ia menjadi lulusan termuda Florida Atlantic University. Sekarang Stern mengajar matematika dan trigonometri di Michigan State University. Ia juga pernah tercatat sebagai Wakil Presiden Departemen Riset dan Pengembangan di IBM.

2. Marilyn Vos Savant

Marilyn Vos Savant menempati urutan kedua sebagai manusia dengan skor IQ yang tinggi. Bekerja sebagai penulis, kolumnis sekaligus dosen asal AS, Marilyn merupakan kelahiran Missouri tahun 1946.

Ketika remaja, Marilyn bekerja di toko ayahnya dan menulis artikel untuk surat kabar lokal dengan nama lain. Di surat kabar itu, ia menjadi kolumnis yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersulit dari pembaca.

Marilyn menjadi terkenal ketika dia pertama kali memasuki kategori "IQ tertinggi" Guinness World Records pada 1986 dan bertahan sampai 1989.

3. Christopher Michael Langan

Selanjutnya Christopher Michael Langan. Lahir di San Francisco, Christopher dikenal sebagai orang terpintar di AS. Ia juga telah mengembangkan sebuah teori yang disebut "Cognitive-Theoretical Model of the Universe" yang pada dasarnya berkaitan dengan hubungan antara pikiran dan kenyataan. Skor IQ Christopher mencapai 190-210.

4. Mislav Predavec

Seorang profesor matematika dari Kroasia, Mislav Predavec memiliki skor IQ 190. Predavec lahir di Zagreb pada 1967 dan kini mengajar di Schola Medica Zagrabiensis. Ia juga pendiri sekaligus presiden GenerIQ Society, sebuah organisasi elite tempat berkumpulnya orang-orang paling jenius di dunia.

5. Garry Kasparov

Garry Kasparov adalah pria kelahiran Rusia yang dianggap sebagai pemain catur terhebat sepanjang masa. Bahkan, Kasparov pernah bermain game dengan IBM's Deep Blue, komputer catur yang bisa menghitung 100 juta gerakan per detik.

Kasparov juga pemegang rekor dengan jumlah kemenangan tertinggi berturut-turut. Skor IQ miliknya mencapai 194.

Selanjutnya pria asal Korsel >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia