Apa Saja Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang? Ini Jawabannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 26 Jul 2022 13:15 WIB
Ilustrasi singa laut
Mamalia laut. Foto: Ilustrasi singa laut (Thinkstock)
Jakarta -

Hai detikers, apakah kamu tahu jika mamalia juga ada hidup di air atau laut? Akan tetapi, mamalia yang hidup di air atau laut berbeda dengan ikan. Mamalia air atau laut adalah mamalia yang memiliki ketergantungan pada lingkungan laut untuk hidup. Lalu, apa saja mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kamu harus tahu apa pengertian dari mamalia. Menurut Wildlife Ecology: A Guide to the Ecological Approach Studying the Wildlife of The Central United States (1989), mamalia adalah hewan vertebrata yang memiliki ciri seperti adanya rambut dan kelenjar susu. Namun, berbeda dengan mamalia air atau laut yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

· Pada mamalia laut memiliki ekor horizontal bergerak ke atas dan ke bawah

· Memiliki blowholes (lubang napas) dengan mengambil oksigen dari udara

· Memiliki insang dengan mengambil oksigen dari dalam air serta memiliki lebih dari 4 sirip

Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang

Kembali ke pertanyaan utama di atas, apa saja mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang? Berikut adalah jawabannya:

1. Lumba-lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia air atau laut yang dikenal sebagai hewan yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Keunikannya, lumba-lumba dapat berenang dengan sirip dan kulit yang dapat memperkecil gesekan pada air. Hal ini yang membuat lumba-lumba dapat berenang dengan gesit dan cepat di dalam air.

2. Dugong

Dugong menjadi salah satu mamalia air atau laut yang saat ini masuk dalam kategori hewan langka. Di mana dugong hidup di perairan tropis dan memiliki panjang 2-3 meter. Mamalia ini juga menjadi salah satu hewan yang berenang menggunakan sirip.

3. Singa laut

Singa laut merupakan spesies mamalia air atau laut yang hidup di perairan subarktik dan tropis. Bentuknya memang mirip dengan anjing laut, tetapi ada perbedaannya dari segi cara berenang. Di mana singa laut berenang dengan memutar sirip belakangnya sehingga dapat dengan gesit berenang di dalam laut.

4. Paus

Paus menjadi hewan mamalia yang hidup di lautan dan bukan tergolong dalam kategori ikan seperti hewan-hewan di atas. Paus berdarah panas dan bernapas menggunakan paru-paru. Kemudian, paus juga menggunakan siripnya untuk berenang di dalam laut dan menyaring plankton sebagai sumber makanannya.

5. Manatee

Manatee atau yang sering disebut sebagai lembu laut ini adalah hewan mamalia yang masuk dalam spesies Trichechidae. Manatee ini merupakan hewan herbivora yang sering terlihat di perairan dangkal. Hewan manatee juga menggunakan siripnya untuk berenang di dalam perairan.

Nah, itu adalah mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang. Kira-kira hewan mamalia apa saja yang juga menggunakan sirip untuk berenang?



Simak Video "Lingkungan Kian Memburuk, Hewan-hewan di Australia Terancam"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia