Sejarah Hari Anak Nasional, Diperingati Tiap 23 Juli

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 21 Jul 2022 14:30 WIB
Ilustrasi link twibbon hari anak nasional 2022 lengkap dengan cara membuatnya
Sejarah Hari Anak Nasional. Foto: Getty Images/iStockphoto/chinaview
Jakarta -

Bulan Juli terasa istimewa karena salah satu harinya didedikasikan untuk memperingati Hari Anak Nasional. Di kalender Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Hari Anak Nasional adalah momentum untuk meningkatkan peran dari masyarakat dalam menyelenggarakan pembinaan dan perlindungan bagi anak. Tetapi, apakah kamu tahu, bagaimana sejarah Hari Anak Nasional bermula?

Sejarah Hari Anak Nasional

Sejarah Hari Anak Nasional di Indonesia bermula dari dikeluarkannya Keputusan Presiden RI No. 44 tahun 1984. Kepres ini berisi penetapan Hari Anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya.

Saat itu, Presiden ke-2 RI Soeharto berpandangan bahwa anak-anak adalah aset kemajuan bangsa yang perlu diperingati keberadaannya. Sejak itu, tiap tanggal 23 Juli, Hari Anak Nasional diperingati dengan visi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah dan peduli anak, seperti dikutip dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Tujuan Hari Anak Nasional 2022

Umumnya, Hari Anak Nasional merupakan manifestasi kesadaran masyarakat untuk meningkatkan peran masyarakat dalam menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan bagi anak-anak. Tentu saja, hal ini menjadi tindakan kolektif dan upaya untuk memenuhi hak dari anak-anak bangsa sebagai roda penggerak bangsa di masa yang akan mendatang.

Di tahun 2022 ini, peringatan Hari Anak Nasional mengambil tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Dikutip dari Pedoman Hari Anak Nasional Tahun 2022, beberapa tujuan Hari Anak Nasional secara khusus, yaitu:

  • Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa
  • Mendorong pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan, dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak
  • Mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030
  • Meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan positif
  • Menurunkan angka kekerasan terhadap anak
  • Mencegah dan menurunkan angka pekerja anak atau anak yang dieksploitasi secara ekonomi
  • Memastikan anak tetap mendapatkan hak belajar, bermain dan bergembira pascapandemi COVID-19 sehingga tidak terjadi perkawinan di usia anak

Nah, demikian sejarah Hari Anak Nasional serta tujuan peringatannya di tahun 2022 ini. Selamat Hari Anak Nasional 2022!



Simak Video "Melihat Aksi Sulap Jokowi di Perayaan Hari Anak Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia