Apa Makanan untuk Tumbuhan? Siswa Wajib Tahu!

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 21 Jul 2022 12:30 WIB
Liberty type of Hostas.
Tumbuhan. Foto: Getty Images/iStockphoto/blightylad-infocus
Jakarta -

Setiap makhluk hidup memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya, tak terkecuali tumbuhan. Namun, makanan tumbuhan berbeda dengan hewan atau manusia.

Lalu, apa makanan tumbuhan?

Makanan Tumbuhan

Makanan untuk tumbuhan diperoleh melalui proses fotosintesis. Dalam proses itu, gas karbondioksida dari udara, air, dan tanah diubah menjadi glukosa. Glukosa adalah senyawa organik yang berbentuk karbohidrat.

Novi Khila Firani mengatakan dalam Metabolisme Karbohidrat: Tinjauan Biokimia dan Patologis, glukosa merupakan sumber energi yang utama. Sehingga, makanan untuk tumbuhan adalah glukosa.

Berdasarkan buku Pembelajaran SD Berbasis Problem Solving Method karya Nelly Wedyawati, jika tanaman kekurangan zat makanan, maka ia akan menjadi kerdil. Pemberian pupuk dapat membantu tanaman yang kerdil untuk tumbuh normal layaknya tanaman lain.

Tumbuhan Memasak Makanannya Sendiri

Dikutip dari buku IPA ASyik, Mudah, dan Menyenangkan yang disusun oleh Prof Yohanes Surya, tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Proses tersebut dinamakan dengan fotosintesis.

Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat layaknya manusia dan hewan, sehingga ia tidak bisa mencari makan dan membuat makanannya sendiri. Umumnya, proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi di bagian daun.

Air dan cahaya menjadi komponen penting dalam proses fotosintesis. Tumbuhan yang kekurangan air akan layu dan lama kelamaan mati. Fungsi air sendiri menyebarkan sari-sari makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Tumbuhan yang kekurangan cahaya matahari tidak dapat menyusun zat makanan dan pada akhirnya gagal menghasilkan bahan untuk membuat buah. Tak sampai disitu, udara juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk memasak makanannya sendiri.

Proses Fotosintesis Terdiri dari Dua Tahapan

Dikutip dari buku Modul Pembelajaran SMA Biologi kaya Susi Nurul Fitri, proses fotosintesis berlangsung dalam kloroplas, melalui dua tahapan reaksi, yaitu tahap reaksi terang dan tahap reaksi gelap.

Reaksi terang atau reaksi hill ini sangat bergantung pada cahaya. Energi yang ditangkap oleh klorofil, digunakan agar dapat memecahkan molekul air. Pemecahan molekul air tersebut disebut dengan fotolisis.

Jenis pigmen klorofil yang berbeda-beda, hanya dapat menyerap panjang gelombang dengan besar foton (energi cahaya) yang berbeda pula. Reaksi terang berlangsung di dalam grana.

Grana adalah tumpukan tilakoid. Energi cahaya dalam grana, akan memacu pelepasan elektron dari fotosistem di dalam membran tilakoid. Di dalam sel-sel daun terdapat tilakoid, dan protein serta molekul lainnya, yang akan membentuk fotosistem.

Fotosistem merupakan wadah dari ratusan molekul pigmen fotosintesis. Terdapat dua jenis fotosistem yang bekerjasama, yaitu fotosistem I dan fotosistem II, yang kemudian menghasilkan ATP dan NADPH2 sebagai produk utama dalam reaksi terang.

Dalam reaksi terang, terdapat dua kemungkinan aliran elektron, yakni jalur non-siklik dan aliran siklik. Aliran non siklik merupakan jalur utama dengan elektron mengalir dari molekul air, kemudian melalui fotosistem II dan fotosistem I.

Selanjutnya, reaksi gelap atau reaksi calvin juga biasa disebut dengan istilah siklus Calvin-Benson. Disebut gelap karena reaksi ini tidak bergantung dengan cahaya matahari.

Reaksi gelap adalah proses ATP dan NADPH yang dibuah CO2 menjadi gula. Reaksi gelap terjadi pada stroma. Di stroma terjadi fiksasi, reduksi, dan regenerasi.

Fasenya terdiri dari pengikatan (fiksasi) CO2 - Reduksi - Pembentukan RuBP (Ribulosa Bifosfat).

Reaksi gelap terbagi melalui beberapa tahapan, yaitu:

  • Karbondioksida diikat oleh RuBp menjadi fosfogliserat (PGA).
  • PGA direduksi menjadi PGAL (fosfogliseraldehida)
  • PGAL akan diregenerasi menjadi glukosa dan RuBp

Itulah informasi mengenai makanan tumbuhan beserta proses pembuatannya yang disebut dengan fotosintesis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Produksi Sorgum Alternatif Pengganti Beras Naik, Tembus 15 Ribu Ton! "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia