Urutan Rotasi Planet di Tata Surya, Tercepat hingga Terlambat

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 19 Jul 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Tata Surya (NASA/W STENZEL)
Ilustrasi tata surya. Begini urutan rotasi planet dari yang tercepat hingga terlambat di tata surya. Foto: NASA/W STENZEL
Jakarta -

Planet-planet di tata surya biasanya diurutkan berdasar jarak terdekat dengan matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Namun urutan planet-planet tersebut akan berbeda apabila diurutkan berdasarkan periode rotasinya. Jika diurutkan dari yang tercepat, maka urutan rotasi planet adalah Jupiter, Saturnus, Neptunus, Uranus, Bumi, Mars, Merkurius, dan Venus.

Berikut urutan rotasi planet-planet di tata surya seperti dijelaskan dalam buku berjudul Mengenal Sistem Tata Surya karya Purwanto dan Ready Susanto.

Urutan Rotasi Planet dari yang Tercepat

1. Jupiter

Waktu yang digunakan Jupiter untuk memutari poros dalam satu putaran (periode rotasi) adalah 9,9 jam. Sedangkan untuk mengitari matahari dalam satu putaran (periode revolusi), Jupiter membutuhkan waktu sebanyak 12 tahun. Jumlah bulan yang dimiliki Jupiter adalah 16 bulan.

2. Saturnus

Periode rotasi planet Saturnus adalah selama 10,4 jam, sedangkan periode revolusinya adalah selama 29,5 tahun. Saturnus merupakan planet dengan jumlah bulan yang paling banyak, yaitu sebanyak 22 bulan.

3. Neptunus

Untuk memutari porosnya, Neptunus membutuhkan waktu selama 15,3 jam. Sementara itu, waktu yang digunakan Neptunus untuk mengitari matahari adalah selama 165 tahun. Jumlah bulan milik Neptunus adalah 8 bulan.

4. Uranus

Waktu yang digunakan oleh planet Uranus untuk memutari poros dalam satu putaran adalah 17,1 jam. Sedangkan untuk mengitari matahari dalam satu putaran, Uranus membutuhkan waktu sebanyak 84 tahun. Uranus memiliki jumlah bulan yang lebih banyak daripada Neptunus, yaitu sebanyak 15 bulan.

5. Bumi

Periode rotasi Bumi adalah selama 23,9 jam, sedangkan periode revolusinya adalah selama 365,25 hari. Seperti yang telah diketahui, Bumi hanya memiliki 1 bulan.

6. Mars

Untuk memutari porosnya, Mars membutuhkan waktu selama 24,6 jam. Waktu yang digunakan Neptunus untuk mengitari matahari adalah selama 687 hari atau 1,9 tahun. Mars memiliki lebih banyak bulan daripada Bumi, yaitu sebanyak 2 bulan.

7. Merkurius

Merkurius membutuhkan waktu selama 59 hari untuk memutari poros dalam satu putaran. Untuk mengitari matahari, Merkurius membutuhkan waktu selama 88 hari. Merkurius merupakan planet yang tidak memiliki bulan.

Mengutip buku Fisika 3 karya Prof. Dr. Mundilarto dan Drs. Edi Istiyono, Merkurius berputar dengan kecepatan tinggi, yaitu 47,87 km/detik, agar dapat melawan gravitasi matahari yang sangat besar.

8. Venus

Periode rotasi planet Venus adalah selama 243 hari, sedangkan periode revolusinya adalah selama 225 hari. Sama seperti Merkurius, Venus tidak memiliki bulan.

Venus termasuk planet yang memiliki jarak dekat dengan matahari. Namun, Venus berada di urutan paling terakhir apabila diurutkan berdasarkan periode rotasi.



Simak Video "Ilmuwan: Bumi Berputar Lebih Cepat di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia