Ini Perbedaan CV dengan Daftar Riwayat Hidup, Mahasiswa Wajib Tahu!

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Senin, 11 Jul 2022 19:30 WIB
contoh cv menarik
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Istilah seperti CV dan daftar riwayat hidup akan sangat sering didengar ketika seseorang akan melamar kerja.

Namun ada beberapa perusahaan yang memerlukan CV dan daftar riwayat hidup. Padahal kedua berkas tersebut sama-sama memuat data diri seseorang. Bagaimana cara membedakan keduanya? Berikut penjelasannya.

Curriculum vitae (CV)

Ketika ingin melamar kerja, mungkin langkah yang pertama kali tebesit dalam pikiran adalah membuat CV. Benar adanya bahwa curriculum vitae atau yang biasa disingkat dengan CV adalah dokumen utama yang diperlukan saat melamar kerja.

Dilansir dalam buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja & Curriculum Vitae (CV) Indonesia-Inggris oleh Paramitha Selviana Oktora, CV adalah daftar yang memuat informasi lengkap riwayat hidup seseorang dan berfungsi sebagai indikator diri yang meliputi riwayat, pengalaman, bakat-bakat dan kemampuan.

Selain itu, CV juga berisikan data diri seseorang, mencakup riwayat pendidikan, pencapaian, skill, dan pengalaman kerja serta kegiatan yang sedang dikerjakan.

Informasi-informasi yang tertulis di dalam CV harus bersifat jujur dan akurat, seperti dijelaskan dalam buku berjudul Cari Duit dari Freelance oleh Rahmansyah Dermawan dan Desi Saraswati

Bahasa yang digunakan dalam menyusun CV bersifat ringkas dan padat. Informasi lebih lanjut mengenai pelamar akan digali lebih dalam oleh pihak perusahaan pada tahap interview.


Daftar Riwayat Hidup

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar riwayat hidup adalah uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang.

Daftar riwayat hidup merupakan laporan yang berisi data historis seseorang. Tidak hanya mengenai data pribadi, daftar riwayat hidup juga mencakup data keluarga, seperti dijelaskan pada buku berjudul Membangun Sistem, Informasi SDM dengan Microsoft Excel karya Anis Hamid.

Setiap informasi yang dicantumkan dalam daftar riwayat hidup seseorang berhubungan dengan situasi dan kondisi orang tersebut.

Daftar riwayat hidup dijadikan sebagai referensi yang bersifat lengkap bagi perusahaan. Dengan begitu, pihak perusahaan memerlukan daftar riwayat untuk mengetahui keadaan pegawainya.

Menurut Setiawan G. Sasongko dalam bukunya yang berjudul Panduan Menulis Biografi, daftar riwayat hidup sama dengan biografi atau autobiografi.

Namun isi daftar riwayat hidup dibuat sesingkat mungkin, hanya dengan mencantumkan poin penting saja.



Simak Video "Penyuap Bupati Langkat Hadapi Sidang Vonis Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia