Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Tata Cara Penyembelihannya

Anisa Rizki - detikEdu
Sabtu, 09 Jul 2022 11:00 WIB
Jakarta -

Pada momentum Idul Adha, penyembelihan hewan kurban tidak bisa dilaksanakan secara sembarangan. Ada tata cara tersendiri dan doa menyembelih hewan kurban yang dibacakan sebelum penyembelihan.

Dikutip dari situs resmi Muhammadiyah, berikut merupakan doa dan tata cara menyembelih hewan kurban,

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ

Artinya: "Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ....(sebutkan nama shahibul kurban)," (HR Abu Dawud).

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

  • 1. Menggunakan alat penyembelihan yang tajam. Hal ini diriwayatkan oleh Syaddad ibn Aus RA dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:

"Ada dua hal yang senantiasa aku jaga yang berasal dari Rasulullah saw. Rasulullah bersabda: "Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya," (HR Muslim).

  • 2. Hewan kurban dihadapkan ke arah kiblat

"Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari Muhammad dan umatnya. Bismillahi Allahu Akbar. Kemudian beliau menyembelihnya," (HR Abu Dawud).

  • 3. Setelah menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat, membaca doa menyembelih hewan kurban sebagai berikut:

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ

Artinya: "Sesungguhhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ....(sebutkan nama shahibul kurban)," (HR Abu Dawud).

  • 4. Kemudian, sembelihlah hewan kurban dengan cara memotong tenggorokan dan dua urat nadinya yang ada di leher.

Hari raya Idul Adha merupakan hari besar bagi umat Islam. Biasanya, Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Tahun ini, Idul Adha di Indonesia jatuh pada tanggal 10 Juli 2022, penetapan ini sesuai dengan keputusan pemerintah melalui sidang isbat. Namun, ada juga yang merayakannya pada hari ini, Sabtu (9/7/2022) seperti warga Muhammadiyah.

Orang yang menyembelih hewan kurban diutamakan yang melakukan kurban sendiri atau shahibul kurban, hal ini sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Tetapi, apabila shahibul kurban berhalangan dan tidak dapat menyembelih sendiri, penyembelihan hewan kurban boleh diwakilkan oleh orang lain.

Nah, itu dia doa menyembelih hewan kurban dan tata cara penyembelihannya. Yuk, kita amalkan.

(twu/twu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia