Mengapa Ada Kerikil di Rel Kereta Api? Ternyata Ini Fungsinya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 13:30 WIB
Sejumlah pemudik menggunakan roda dua menggunakan jalan tanah di sisi rel kereta api, di daerah Prupuk, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022).
Foto: Ari Saputra/Mengapa Ada Kerikil di Rel Kereta Api? Ternyata Ini Fungsinya
Jakarta -

Saat melintasi perlintasan kereta api, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa ada kerikil-kerikil kecil di sekitar rel? Keberadaan kerikil di rel kereta api bukan tanpa alasan, melainkan ada fungsinya tersendiri. Apa itu fungsinya?

Seperti yang diketahui, kereta api adalah transportasi yang bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dengan berjalan di atas rel baja. Rel ini mempunyai fungsi sebagai pijakan berputarnya roda kereta api dan untuk meneruskan beban kereta api dari roda kepada struktur bantalan di bawahnya.

Struktur Rel Kereta Api

Sebelum mengetahui fungsi kerikil di sekitar rel kereta api, terlebih dahulu memahami struktur rel kereta api yang memiliki beberapa kriteria. Berikut ini ulasannya dikutip dari buku Rekayasa Jalan Kereta Api (2015) yang ditulis oleh Rosyadi.

1. Kekakuan (Stiffness), yaitu berguna untuk mempertahankan struktur dari terjadinya deformasi vertikal yang permanen.

2. Elastisitas (Elastis/Resilience), yaitu untuk menciptakan kenyamanan dalam perjalanan kereta api, menjaga terjadinya patah atau kerusakan berat pada roda yang disebabkan oleh pergerakan beban kereta yang cukup besar di atas struktur jalan rel.

3. Ketahanan terhadap deformasi tetap. Deformasi vertikal yang berlebihan akan cenderung menjadi deformasi tetap sehingga geometrik jalan rel (ketidakrataan vertikal, horizontal, dan puntir) menjadi tidak baik, yang pada akhirnya kenyamanan dan keamanan terganggu.

4. Stabilitas, hal ini bertujuan untuk mempertahankan struktur jalan rel pada posisi yang tetap (vertikal/horizontal) setelah pembebanan terjadi.

5. Kemudahan untuk pengaturan dan pemeliharaan (Adjustability). Hal ini bertujuan agar jika terjadi perubahan geometri akibat beban yang berjalan, maka dapat dikembalikan ke posisi geometrik dan struktur jalan rel yang benar.

Fungsi Kerikil di Rel Kereta Api

Adapun fungsi kerikil di rel kereta api adalah sebagai berikut.

1. Instrumen Pemberat

Batu kerikil berfungsi sebagai instrumen yang memberikan daya pemberat untuk menopang agar rel kereta api dapat stabil. Hal ini penting, karena bobot kereta api yang mencapai 882 Ton harus memiliki jalur rel yang stabil dan kokoh sehingga kereta api yang berkendara di atasnya dapat berjalan dengan aman.

2. Menambah Tinggi Struktur Rel Kereta Api

Batu kerikil secara fungsional juga dapat difungsikan sebagai instrumen yang menambah tinggi struktur rel kereta api. Hal ini penting agar ketika hujan atau bahkan banjir, rel kereta api tidak terendam oleh air dan tetap bisa melanjutkan perjalannya secara aman.

3. Menahan Getaran

Batu kerikil juga dimanfaatkan untuk menahan dan meredam getaran saat kereta api melintas dengan kecepatan tinggi di atas rel. Secara ilmiah, batu kerikil dapat membantu menahan guncangan yang besar dari bobot dan akselerasi kereta api.

4. Menghindari Tanaman Liar

Batu kerikil dapat menangkal tumbuhnya tanaman-tanaman liar yang kerap kali tumbuh di pinggir atau dalam rel kereta api.

Nah, itulah beberapa fungsi keberadaan kerikil di sekitar rel kereta api. Semoga menambah wawasan detikers, ya!



Simak Video "Polisi Tangkap 3 Pelaku Spesialis Pencuri Rel Kereta Api di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia