3 Kesalahan Resume Bill Gates, Mahasiswa Jangan Tiru

Anisa Rizki - detikEdu
Selasa, 05 Jul 2022 13:15 WIB
Resume Bill Gates.
Kesalahan resume Bill Gates saat jadi mahasiswa. Foto: Bill Gates via LinkedIn
Jakarta -

Baru-baru ini Bill Gates membagikan postingan terkait resume miliknya di LinkedIn saat ia masih menjadi mahasiswa. Tujuannya sendiri untuk memotivasi orang-orang yang sedang mencari kerja.

"Apakah kamu baru lulus atau dropout dari kampus, aku yakin resume milikmu akan lebih baik dari punyaku 48 tahun yang lalu," tulis Bill Gates, dikutip dari detikInet, Selasa (5/7/2022).

Dalam resume Bill Gates, terpampang nama 'William H. Gates' yang merupakan nama aslinya, William Henry Gates III. Ada satu halaman penuh mengenai pengalaman kerja Bill Gates dari tahun 1971 hingga sekitar 1973-an, bahkan tertulis 'sedang bekerjasama dengan Paul G. Allen', yang juga merupakan co-founder Microsoft Corporation.

Unggahan resume Bill Gates di LinkedIn ternyata mengundang banyak komentar netizen. Ada yang mengatakan betapa berpengalamannya ia meski masih muda, namun ada juga yang salah fokus karena informasi pribadi yang ia tulis terlalu detail.

Belajar dari resume Bill Gates, seharusnya hal-hal personal tidak perlu dipaparkan dalam resume. Mengutip dari Fortune, ada 3 kesalahan Bill Gates yang dapat dipelajari bagi mahasiswa dalam menulis resume.

Kesalahan Resume Bill Gates saat Jadi Mahasiswa

1. Informasi Pribadi Terlalu Detail

Resume Bill Gates.Resume Bill Gates. Foto: Bill Gates via LinkedIn

Pada resume Bill Gates, terpampang jelas alamat dan detail personal mengenai tinggi serta berat badan. Informasi pribadi semacam itu harus dihindari.

"Ya, kamu mempunyai hobi, ketertarikan terhadap sesuatu, musisi favorit, dan bahasa. Tapi, simpan informasi tersebut yang tidak berhubungan dengan kemampuanmu," jelas Marc Cenedella dari Leet Resumes.

Untuk diketahui, Leet Resumes merupakan suatu perusahaan yang melakukan pelayanan di bidang penulisan resume.

2. Penggunaan Kata Kerja yang Kurang Tepat

Format penulisan resume Bill Gates sangat bervariasi. Contohnya, pada bagian "bertanggung jawab untuk" di awal setiap kalimat, seharusnya diganti dengan "Saya bertanggung jawab atas sistem pengarsipan kantor."

Daripada menggunakan kata kerja pasif seperti "dibangun," "dibuat," atau "dikembangkan," lebih baik menggunakan kata kerja aktif seperti "Saya mengembangkan sistem pengarsipan yang..."

3. Pencantuman Kartu Nama yang Tidak Perlu

Pada resumenya, Bill Gates menempatkan kartu namanya di pojok atas kiri yang sebetulnya tidak diperlukan. Selain itu, peletakan dan warna tulisan pada kartu nama membuat tampilan resume terlihat penuh, yang sangat tidak dianjurkan Cenedella.

Meskipun banyak kekurangan pada resume Bill Gates, dapat dikatakan, ia tahu apa yang sebetulnya ia lakukan. Nyatanya, 12 tahun setelah menyerahkan resume tersebut, Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia.

Setelah menjadi salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates juga mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation yang merupakan sebuah yayasan amal. Yayasan tersebut disebut memberikan kontribusi besar terhadap dunia.



Simak Video "Langkah Tepat Wujudkan Masa Depan Cerah Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia