ADVERTISEMENT

Kisah Sri Mulyani Tempuh S2 Bareng Suami: Atur Jadwal Kuliah untuk Jaga si Kecil

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Senin, 04 Jul 2022 18:30 WIB
Sri Mulyani
Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani, Indrawati, membagikan kisahnya menempuh jenjang magister di Amerika Serikat. Sri Mulyani meneruskan kuliahnya di University of Illinois - Urbana Champaign (UIUC). Tidak sendiri, Menkeu ini berkuliah sambil mengurus keluarga.

Disebutkan dalam unggahannya di akun Instagram @smindrawati, mantan Direktur Bank Dunia itu mengaku berkuliah sambil memulai kehidupan rumah tangga tidaklah mudah.

"Kami berdua kuliah, harus mengatur jadwal kuliah agar bisa bergantian menjaga buah hati kami," tuturnya dikutip, Senin (4/7/2022).

Sri Mulyani harus membagi waktu antara urusan domestik dengan akademik. Meski dibiayai dengan beasiswa, ia mengaku uang dari beasiswa tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-hari.

"Dengan uang beasiswa sungguh sangat minim dan pas-pasan," ceritanya.

Kendati penuh perjuangan, Sri Mulyani beserta suami tidak pernah mengeluh. Mereka tetap mencari kesenangan di negeri Paman Sam itu. Salah satunya dengan menghadiri barbecue atau potluck party.

"Di waktu weekend bisa hadir "barbecue atau potluck" bersama-sama menikmati suasana early fall, melihat pawai drumband UIUC, menikmati udara dan lapangan rumput dekat kebun tulip di belakang kompleks mahasiswa di Orchard," kenangnya.

Tiga puluh empat tahun setelah masa-masa kuliah magister bersama suami, Sri Mulyani kembali bertemu dengan rekan-rekannya saat berkuliah di UIUC dulu. Selain rekan seperjuangan, ia juga bertemu dengan generasi muda lulusan UIUC.

"Sungguh suatu perjalanan hidup yang penuh warna dan suka duka. Namun di setiap penggalan hidup, kami selalu menemukan dan memiliki kawan dan sahabat yang tulus ikhlas." pesan Sri.

Perjuangannya berbuah manis. Selepas menggaet gelar Master of Science of Policy Economics, Sri Mulyani terus menorehkan prestasi di bidang ekonomi.

Bahkan, ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Selain dikenal sebagai Menteri Keuangan, Sri sempat bekerja di World Bank atau Bank Dunia. Dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Sri Mulyani adalah perempuan sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010.



Simak Video "Sri Mulyani Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 5,9%, Inflasi Maksimal 4%"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia