Deretan Rektor Perempuan di PTN Indonesia, Dari Jogja sampai Bengkulu

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 21 Mei 2022 13:05 WIB
Prof Ova Emilia terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2027, Jumat (20/5/2022).
Rektor UGM baru Ova Emilia, rektor perempuan kedua di sejarah UGM. Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Jakarta -

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. terpilih sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2022 - 2027, Jumat (20/5/2022). Prof. Ova memenangkan suara terbanyak di tahap Pemilihan dan Penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM dengan 21 suara, sementara calon rektor UGM Prof. Bambang Agus Kironoto satu suara dan Prof. Deendarlianto tiga suara.

Para anggota MWA UGM yang hadir dan memberikan suara di antaranya yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Prof. Ova merupakan salah satu dari beberapa rektor perempuan yang mencatatkan namanya sebagai rektor di almamaternya sendiri. Dikutip dari laman masing-masing kampus, berikut deretan rektor perempuan di Indonesia:

Rektor Perempuan di Indonesia

1. Prof. Ir. N. R. Reini Wirahadikusumah, MSCE, Ph.D., Rektor ITB

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah.Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. Foto: Dok. ITB


Rektor perempuan pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Ir. N. R. Reini Wirahadikusumah, MSCE, Ph.D. menjabat pada periode 2020-2025. Sebelumnya, Prof. Reini merupakan guru besar dan ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. (detik.com/tag/rektor-itb)

Perempuan kelahiran 25 Oktober 1968 ini menyelesaikan program sarjana di Teknik Sipil ITB pada 1991. Reini lalu memperoleh gelar magister Teknik Sipil dari Universitas Purdue, Amerika Serikat pada tahun 1996, serta gelar Ph.D di bidang dan universitas yang sama pada 1999.

Dikutip dari laman ITB, Reini lebih banyak fokus meneliti di bidang manajemen rantai pasok proyek infrastruktur dan manajemen konstruksi. Saat menjadi guru besar, ia aktif mempublikasikan beberapa jurnal mengenai konstruksi dan rantai pasok.

Selama berkarir di ITB, Reini meraih penghargaan Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Pemerintah RI pada 2016, Endeavour Awards, Australia Awards Indonesia, serta Satyalancana Karya Satya X dari Pemerintah RI pada 2008. Ia juga melaksanakan Visiting Research at Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia pada 2011.

Reini juga aktif di berbagai proyek dan organisasi, di antaranya sebagai Anggota Komite Litbang Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), Sekretaris Bidang Konstruksi dan Perekayasaan pada Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII), tim penilai International Federation of Asian and Western Pacific Contractors Association (IFAWPC), Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI), Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), dan asisten Permanent Delegation Office of the Republic of lndonesia to UNESCO.

2. Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE., Rektor Unpad

Rektor UnpadRektor Unpad Rina Indiastuti. Foto: Dok. Humas Unpad


Guru besar bidang ekonomi industri dan perbankan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (Unpad) Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. dilantik sebagai rektor Unpad periode 2019-2024. Rina merupakan rektor perempuan pertama dalam sejarah Unpad.

Lahir di Kediri, 10 Januari 1961, Prof. Rina semula menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi di Unpad pada 1984. Ia kelak meraih gelar Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang pada 1999.

Rina sebelumnya menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpad 2009-2012, Wakil Rektor Bidang Perencaan, Sistem Informasi, dan Keuangan pada 2012-2015, serta Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI 2017-2019.

Klik selanjutnya: rektor perempuan di PTN Indonesia

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia