Mengenal Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Minggu, 03 Jul 2022 16:00 WIB
Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan mikroskop.
Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Terdapat dua metode yang digunakan para peneliti dalam dalam melakukan penelitian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dengan metode kuantitatif lebih umum dijumpai daripada metode kualitatif.

Di jenjang kuliah atau pendidikan tinggi, detikers akan belajar metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Ilmu metode penelitian salah satunya dapat menunjang pembuatan tugas akhir, skripsi, hingga penelitian mandiri.

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam metode baru karena popularitasnya belum lama. Penelitian ini menggunakan metode post-positivistik karena berlandaskan pada filsafat post-positivisme.

Penelitian kualitatif juga disebut sebaai metode artistik karena proses penelitiannya bersifat artistik, seperti dijelaskan dalam Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian oleh Prof. Dr. Suryana.

Penelitian kualitatif digunakan untuk meneliti pada kondisi objektif yang alamiah. Metode kualitatif juga digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Pada masalah yang bersifat abu-abu, peneliti akan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi objek agar mengetahui makna di baliknya.

Fokus penelitian kualitatif berpusat pada pengamatan yang mendalam. Karenanya, penelitian dengan metode kualitatif akan menghasilkan kajian suatu fenomena yang lebih komprehensif, seperti dikutip dari Memahami Metode Penelitian Kualitatif dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Penelitian dengan metode kualitatif cenderung menekankan pada pengamatan fenomena dan penelitian substansi makna fenomena tersebut. Analisis penelitian kualitatif yang tepat dan akurat akan sangat berpengaruh pada kekuatan kata dan kalimat yang digunakan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian kualitatif:

  • Desain pada penelitian kualitatif bersifat umum, fleksibel, dan berkembang serta muncul dalam penelitian.
  • Tujuan penelitian kualitatif adalah menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif, menemukan teori, menggambarkan realitas yang kompleks, serta memperoleh pemahaman makna.
  • Teknik pengumpulan data pada penelitian kualitatif adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi.
  • Instrumen pada metode penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri (human instrument), buku catatan, kamera, dan lain-lain.
  • Data yang digunakan di penelitian kualitatif bersifat deskriptif kualitatif, seperti dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dan sebagainya.
  • Hasil penelitian kualitatif cenderung bersifat makna daripada generalisasi. Dapat dikatakan, penelitian kualitatif tidak menekankan pada generalisasi terhadap suatu hal, namun menekankan makna dari suatu hal.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan metode yang bersifat induktif dan objektif. Metode kuantitatif dikatakan sebagai metode tradisional karena popularitasnya sudah cukup lama.

Metode penelitian kuantitatif berlandaskan filsafat positivisme sehingga disebut dengan metode positivistik. Metode penelitian ini merupakan metode ilmiah karena memenuhi kaidah-kaidah ilmiah.

Biasanya, penelitian kuantitatif hadir karena adanya teori yang tertolak. Akibatnya, teori tersebut perlu diteliti untuk menghasilkan data, dibahas, dan ditarik kesimpulannya. Dapat disimpulkan, penelitian kuantitatif digunakan untuk membuktikan dan menolak suatu teori.

Mengutip buku Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Iwan Hermawan, pengamatan pada penelitian kuantitatif mencakup hal-hal yang berkaitan dengan objek penelitian, fenomena, dan korelasi di antara keduanya. Metode penelitian ini disebut kuantitatif karena data-data yang digunakan berupa angka dan menggunakan statistik. Umumnya, bagian kesimpulan penelitian kuantitatif disertai tabel, grafik, dan sebagainya.

Hal-hal yang perlu diketahui dalam melakukan penelitian kuantitatif yaitu:

  • Desain pada penelitian kuantitatif bersifat spesifik, jelas, dan rinci, ditentukan dengan matang di awal proses penelitian, dan menjadi panduan pada setiap tahap penelitian.
  • Tujuan penelitian kuantitatif adalah menunjukkan hubungan antar variabel, menguji teori, dan mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif.
  • Teknik pengumpulan data di pengumpulan kuantitatif yang dapat dilakukan adalah kuesioner, observasi, dan wawancara terstruktur.
  • Instrumen penelitian kuantitatif berupa tes, angket, dan lain-lain.
  • Data yang digunakan bersifat kuantitatif dan merupakan hasil pengukuran variabel yang dioperasikan.

Antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, mana yang pernah detikers gunakan?



Simak Video "4 Teknologi yang Mencoba "Melawan" Kuasa Tuhan "
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia