7 Kota Terdingin di Dunia, Salah Satunya Ada Moskow

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 20:28 WIB
A general view shows the U.S. embassy in Moscow, Russia March 27, 2018. REUTERS/Tatyana Makeyeva
Moskow, Rusia. Foto: REUTERS/Tatyana Makeyeva
Jakarta -

Ternyata bukan cuma Kutub Selatan yang memiliki suhu dingin dan ekstrim. Beberapa kota di dunia juga memiliki suhu yang sangat dingin. Lantas, kota apa saja yang memiliki suhu terdingin di dunia?

Melansir dari World Atlas, ada 7 kota dengan suhu terdingin di dunia, berikut pembahasannya:

1. Ulaanbaatar

Ulaanbaatar atau Ulan Bator merupakan ibu kota terdingin di dunia. Bukan Kanada, Russia ataupun Islandia, tetapi Ulaanbaatar. Terletak di Mongolia, suhu tahunan Ulaanbaatar mencapai minus 1,3 derajat celcius. Yang lebih uniknya, kota ini memiliki musim panas yang pendek.

Saat musim dingin, suhu di kota Ulaanbaatar sangat dingin dan kering. Suhu terendahnya mencapai minus 36 derajat celcius hingga minus 40 derajat celcius.

2. Astana

Astana merupakan kota terdingin kedua di dunia setelah Ulaanbaatar. Tipe iklim kontinental di Astana cukup ekstrim, hal ini ditandai dengan musim panas yang pendek dan suhu musim dingin yang mencapai minus 30 derajat celcius hingga minus 35 derajat celcius.

Lebih parahnya, salah satu sungai disana yang biasa dikenal dengan Sungai Ishim dapat membeku hingga berbulan-bulan lamanya.

3. Moskow

Kota terdingin selanjutnya yaitu Moskow. Ibu kota dari negara Rusia ini memiliki musim dingin yang panjang dan sangat dingin, suhunya mencapai minus 25 derajat celcius hingga minus 30 derajat celcius.

4. Helsinki

Ibu kota Finlandia, Helsinki juga memiliki suhu yang sangat dingin. Hal ini disebabkan kota tersebut memiliki iklim kontinental yang lembab. Saat musim dingin, suhunya relatif lebih tinggi daripada lokasi-lokasi lain di sepanjang garis lintang.

Suhu musim dingin di Helsinki turun hingga minus 20 derajat celcius, bahkan suhu terendah Helsinki mencapai minus 34.3 derajat celcius pada tahun 1987 silam.

5. Reykjavik

Kota terdingin urutan kelima yaitu Reykjavik. Kota ini memiliki iklim subpolar oceanic. Meskipun berada di garis lintang utara, suhu di kota Reykjavik jarang turun hingga di bawa minus 15 derajat celcius. Suhu terendahnya mencapai minus 19 derajat celcius pada tahun 1971.

6. Tallin

Ibu kota selanjutnya yaitu Tallin di Estonia. Selain menjadi negara yang sepi turis, kota ini ternyata masuk ke urutan enam sebagai kota terdingin di dunia. Dengan iklim kontinental yang lembab dan letaknya di daerah pesisir, mengakibatkan kota ini memiliki suhu hingga minus 4,3 derajat celcius.

7. Ottawa

Selanjutnya yaitu Ottawa di Kanada. Terletak di wilayah timur provinsi Ontario, rata-rata suhu tahunannya mencapai hingga minus 14,8 derajat celcius. Bahkan, salju dan es mendominasi kota ini saat musim dingin.



Simak Video "Dampak Suhu Tinggi, Kantor Jepang Hemat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia