Arti Kata Cut Off yang Viral di Tiktok, Sudah Ada Sejak Abad 15?

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Rabu, 29 Jun 2022 14:30 WIB
French President Emmanuel Macron speaks as he visits the International Catering, Hotel and Food Trade Fair (SIRHA) in Lyon, central France, Monday Sept. 27, 2021.(Denis Balibouse/Pool via AP)
Berbicara dengan lawan bicara. Foto: Denis Balibouse/Pool via AP
Jakarta -

Beberapa waktu ini, kata cut off ramai digunakan di media sosial. Apa sih makna cut off?

Cut off berasal dari dua kata yakni cut (verb) dan off (adjective). Menurut Oxford English Dictionary, cut berarti memotong sementara off mati. Jika digabungkan, cut off memiliki arti memotong suatu pembicaraan.

Kata cut off bisa kamu gunakan untuk memotong atau menghentikan pembicaraan orang lain. Biasanya kata ini akan dipakai dalam perdebatan sengit atau obrolan biasa.

Ternyata, kata cut off sendiri sudah digunakan sejak abad ke-15. Bagaimana sejarahnya?

Sejarah Kata Cut Off

Dilansir dari Etymology Online Dictionary, istilah cut off pertama kali digunakan pada akhir tahun 1400an dengan arti 'melepaskan dengan memotong' atau 'detach by cutting'. Istilah ini berkembang menjadi 'dikecualikan dari akses' dan 'menghentikan sesuatu' pada tahun 1570an. Nah, mulailah pada tahun 1590an, cut off digunakan sebagai istilah untuk memotong suatu pembicaraan.

Selain memotong pembicaraan, cut off juga memiliki beragam makna. Pada tahun 1840, cut off digunakan untuk menunjukan jalan yang lebih singkat atau kita kenal dengan 'jalan potong'. Dalam Bahasa Inggris juga dikenal dengan 'cut off road'. Kemudian pada tahun 1976, cut off menjadi sebutan untuk celana panjang yang dipotong hingga pendek.

Nah, penggunaan istilah cut off umumnya memang dipakai untuk menunjukkan sesuatu yang dipotong hingga pendek. Baik jalan, benda, maupun pembicaraan.

Berikut contoh penggunaan cut off dalam kalimat Bahasa Inggris.

Contoh Penggunaan Cut Off dalam Kalimat

1. We were cut off in the middle of our conversation

2. Anna cut him off in mid-sentence

3. My explanation was cut off by loud protests

Nah, itulah makna kata cut off, sejarah, serta contohnya. Semoga membantu, detikers!



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia