ADVERTISEMENT

Apa Perbedaan Awan dan Kabut? Ini Jawabannya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 20:30 WIB
Bukit Panyangrayan mampu memikat hati para pengunjung dengan pesona alamnya. Bukit ini dikenal sebagai spot menarik untuk menikmati sunrise dari atas ketinggian. Bahkan saking indahnya, ada yang menjulukinya sebagai negeri di atas awan.
Perbedaan awan dan kabut. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Awan dan kabut merupakan dua fenomena alam yang dapat terjadi secara natural atau alamiah. Tetapi, apakah kamu tahu apa perbedaan awan dan kabut? Nah, sebenarnya awan dan kabut ini memang hampir mirip dari segi proses pembuatan.

Di mana kabut menurut beberapa ahli adalah awan yang terbentuk di dekat permukaan bumi. Pada hal yang lain, awan terbentuk dalam proses pembentukan di wilayah yang lebih tinggi dan jauh dari daratan atau permukaan bumi.

Perbedaan Awan dan Kabut

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan awan dan kabut, yuk simak beberapa poin penting di bawah ini.

1. Pengertian

Perbedaan awan dan kabut yang pertama dapat ditilik dari segi pengertian atau definisi. Menurut M. Chaeran dalam bukunya yang berjudul Diktat Mata Kuliah Meteorologi dijelaskan bahwa awan adalah kumpulan besar dari titik-titik air atau kristal-kristal es yang harus di atmosfer.

Sedangkan, kabut adalah gejala alam yang terjadi karena proses kondensasi uap air di daerah yang berdekatan dengan daratan atau permukaan tanah. Kabut tercipta pada ketinggian yang relatif rendah daripada awan yang tercipta di wilayah yang tinggi dan jauh dari permukaan tanah.

2. Proses Pembuatan

Selanjutnya, letak perbedaan dari awan dan kabut dapat dilihat dari segi proses pembuatan atau terciptanya. Dalam Buletin Cuaca Kelautan yang ditulis oleh Donny Widyasmoro diungkapkan bahwa awan terjadi apabila uap air meluap menjadi titik-titik air dan akhirnya terbentuklah awan.

Di lain sisi, proses pembuatan atau terbentuknya kabut diawali dari proses pendinginan dari udara yang berada di bawah suhu titik bekunya. Sesaat setelah dingin, udara akan berpapasan dengan udara hangat yang memiliki unsur kelembaban dan berubah menjadi kabut.

3. Unsur-unsur

Widodo Pranowo dalam bukunya yang berjudul Dinamika Oseanografi diungkapkan bahwa ada beberapa unsur fundamental dalam awan. Berikut adalah penjelasannya:

· Suhu atau temperatur

· Kelembaban udara

· Tekanan udara

· Radiasi matahari

· Angin

· Curah hujan

Dalam konteks yang lain, kabut juga memiliki beberapa komponen atau unsur-unsur pada kabut. Berikut adalah penjelasannya:

· Uap air

· Suhu atau temperatur

· Debu

· Asap

· Garam (jika terjadi di dekat laut)

Itu adalah perbedaan awan dan kabut yang dilihat dari tiga aspek, yakni pengertian, proses pembentukan, dan unsur.



Simak Video "Dampak Suhu Tinggi, Kantor Jepang Hemat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia