Benarkah Warna Petir Tidak Hanya Putih? Ini Penjelasan Sainsnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 05 Mei 2022 09:00 WIB
Violent lightning bolts strike the water off the Dutch coast.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Meindert van der Haven/Benarkah Warna Petir Tidak Hanya Putih? Ini Penjelasan Sainsnya
Jakarta -

Pernahkah kamu melihat petir? ternyata warna petir tak hanya berwarna putih namun juga bisa kuning, biru, hingga hijau.

Umumnya saat dilihat dari kejauhan, petir memang hanya terlihat berwarna putih. Namun, tidak semua petir yang dihasilkan memiliki warna yang sama.


Apa yang Mempengaruhi Warna Petir?

Mengutip World Atlas, munculnya petir tergantung pada kondisi atmosfer (debu, kelembaban, kabut, dan lainnya) dan karenanya dapat muncul dalam berbagai warna.

Saat menyambar objek atau tanah, petir biasanya berwarna merah atau oranye. Warna yang paling umum adalah putih, tetapi sambaran petir juga bisa muncul biru, kuning, ungu, dan bahkan hijau.

Atmosfer merupakan faktor utama dalam menentukan warna petir, serta lingkungan dan suhu. Semakin tinggi suhunya (bisa mencapai 50.000 derajat Fahrenheit), semakin dekat ke ujung spektrum warna.

Kilat akan bisa terlihat indah oleh mata karena adanya jarak antara kilat dan pengamat sehingga mengubah persepsi warna.

Adapun sinar petir yang dapat menyebar disebabkan oleh partikel debu di udara, serta komposisi udara, yang mengubah tampilan petir bagi pengamat.


Warna Petir Memberikan Informasi Cuaca

Selain menampilkan keindahan alam yang luar biasa, warna petir yang berbeda juga memberikan informasi tentang badai petir dan kondisi cuaca.

Semua jenis petir dianggap berbahaya tetapi tidak dalam kadar yang sama. Misalnya, warna yang paling umum adalah putih, tetapi juga yang paling panas.


Petir dengan warna putih tersebut juga menunjukkan konsentrasi uap air yang rendah di atmosfer. Selain itu, warna ini juga dikenal yang terkuat dan paling berbahaya karena menjadi yang terpanas.

Sedangkan petir kuning jauh lebih jarang, tetapi cenderung lebih dingin daripada petir yang lain dan mengarah ke badai petir kering dan debu dalam jumlah tinggi.

Warna petir ungu dan biru sering disertai dengan hujan, hujan es, dan presipitasi lainnya. Ada juga kilat hijau, tetapi sulit dilihat oleh pengamat karena tersembunyi di dalam awan.



Simak Video "Kilat Berwarna Merah Tertangkap Kamera Seorang Fotografer China"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia