Aturan Baru Kegiatan Massal, Mahasiswa yang Mau Nonton Konser Wajib Cek!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 23 Jun 2022 10:00 WIB
Vaksin
Ilustrasi aturan terbaru kegiatan massal. Foto: Getty Images/iStockphoto/Chaay_Tee
Jakarta -

Pemerintah telah mengeluarkan protokol kesehatan (prokes) terbaru untuk kegiatan berskala besar, di dalamnya juga mencakup syarat dosis vaksin COVID-19. Kini, anak usia 6-17 tahun serta masyarakat berusia 18 tahun ke atas wajib telah memenuhi dosis tertentu sebelum mengikuti aktivitas massal.

Melalui Surat Edaran Satgas COVID-19 RI Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar dalam Masa Pandemi COVID-19, kegiatan berskala besar diartikan sebagai rangkaian aktivitas dalam acara yang berskala internasional maupun nasional, yang bisa mengundang lebih dari 1.000 orang secara fisik dalam satu waktu tertentu serta di satu lokasi yang sama dan/atau melibatkan perwakilan negara.

Adapun pelaku kegiatan berskala besar adalah semua warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang terdaftar resmi untuk terlibat dalam kegiatan berskala besar. Para pelaku ini dapat dijabarkan menjadi peserta, VVIP, protokoler VVIP, petugas/panitia kegiatan, jurnalis, juga tenaga pendukung.

Dengan adanya ketentuan untuk anak dan remaja usia 6-17 tahun serta masyarakat usia 18 tahun ke atas, maka penduduk berstatus siswa sekolah atau mahasiswa pada usia tersebut perlu mengetahui juga sejumlah ketentuannya. Cek apa saja yang peraturannya sebelum mengikuti kegiatan berskala besar.

Syarat Vaksin Kegiatan Berskala Besar

  • Usia 6-17 tahun: wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin COVID-19 dosis kedua
  • Usia 18 tahun ke atas: wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin COVID-19 dosis ketiga (booster)
  • Anak usia di bawah 6 tahun dan orang yang tidak bisa menerima vaksin karena kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid, dianjurkan tidak ikut kegiatan berskala besar.

Pelaku kegiatan berskala besar yang tergolong dalam usia di atas juga wajib memakai aplikasi PeduliLindungi dan melakukan pemindaian QR code aplikasi tersebut, saat berada di pintu masuk kawasan kegiatan.

Demikian beberapa persyaratan vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-17 tahun serta masyarakat berumur 18 tahun ke atas yang hendak mengikuti kegiatan berskala besar. Catat ya, detikers!



Simak Video "Detik-detik Penangkapan Sekelompok Remaja Kriminal di Makassar!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia