ADVERTISEMENT

5 Perpustakaan dengan Arsitektur Unik di Dunia, Dua dari Indonesia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 17 Jun 2022 14:45 WIB
Perpustakaan yang terletak di area taman di sungai Nissan, Swedia memiliki dinding kaca pada setiap sisinya
Foto: Doc. www.shl.dk/5 Perpustakaan dengan Arsitektur Unik di Dunia
Jakarta -

Beberapa perpustakaan di dunia sengaja dibuat dengan gaya arsitektur unik untuk menarik perhatian para pengunjung. Tujuannya bukan hanya untuk mengajak orang membaca buku, namun juga memberi kenyamanan saat mengunjunginya.

Keunikan perpustakaan tersebut bisa dilihat dari bentuk bangunan atau letaknya yang berbeda dari kebanyakan perpustakaan pada umumnya. Seperti berada di tengah hutan, di atas sungai, atau menggunakan sumber energi terbarukan.

Melansir laman Universitas Negeri Jember, berikut ini beberapa perpustakaan yang dikenal memiliki arsitektur unik di dunia.


5 Perpustakaan dengan Arsitektur Unik di Dunia:


1. Halmstad Library-Swedia

Perpustakaan yang terletak di area taman di sungai Nissan, Swedia memiliki dinding kaca pada setiap sisinyaPerpustakaan yang terletak di area taman di sungai Nissan, Swedia memiliki dinding kaca pada setiap sisinya Foto: Doc. www.shl.dk

Perpustakaan Halmstad diresmikan pada April 2004. Perpustakaan ini memiliki desain unik karena terinspirasi dari pepohonan di sekitar perpustakaan.

Perpustakaan yang terletak di area taman di sungai Nissan, Swedia memiliki dinding kaca pada setiap sisinya sehingga pengunjung yang datang dapat menikmati pemandangan luar perpustakaan.

Koleksi perpustakaan Halmstad pun dikenal lengkap dengan sekitar 260.000 media dalam sekitar 50 Bahasa yang berbeda.

2. Perpustakaan Li Yuan Beijing-China

Perpustakaan Li Yuan dikenal unik karena letaknya yang terletak di tengah hutan dan dibangun di atas permukaan sungai yang tenang.Perpustakaan Li Yuan dikenal unik karena letaknya yang terletak di tengah hutan dan dibangun di atas permukaan sungai yang tenang. Foto: Doc. archdaily.com

Perpustakaan Li Yuan dikenal unik karena letaknya yang terletak di tengah hutan dan dibangun di atas permukaan sungai yang tenang.

Konsep desain perpustakaan LiYuan ini yaitu menyatu dengan alam, bahkan material bangunan perpustakaan menggunakan kayu dan batu serta jendela kaca yang dilapisi ranting kayu memberikan suasana hutan yang menenangkan.

3. Biblioteca Sandro Penna (Perpustakaan UFO)-Italia

Perpustakaan sandro penal dikenal unik karena menyerupai pesawat UFO atau piring terbangPerpustakaan sandro penal dikenal unik karena menyerupai pesawat UFO atau piring terbang Foto: Doc. turismo.comune.perugia.it

Bentuk perpustakaan sandro penal dikenal unik karena menyerupai pesawat UFO atau piring terbang. Perpustakaan ini terletak di pusat kota perugia, Italia.

Perpustakaan yang diresmikan pada Mei 2004 memiliki tampilan luar gedung dan dikelilingi oleh kaca merah muda berbentuk bulat.

Uniknya lagi, nama Sandro Pena diambil dari nama Penyair perugia yang puisi-puisinya telah dicetak dan diletakkan pada panel transparan di area luar pintu masuk.

4. Perpustakaan UI-Indonesia

Perpustakaan UIPerpustakaan UI Foto: ui.ac.id

Di Indonesia ada perpustakaan Universitas Indonesia (UI) yang dikenal memiliki arsitektur unik. Pasalnya, perpustakaan yang terletak di kota Depok Jawa Barat ini adalah perpustakaan yang dirancang dengan konsep sustainable building di mana sumber energi menggunakan sumber terbarukan yaitu energi matahari.

Perpustakaan ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari pusat kegiatan bisnis, seperti toko buku, kafe dan toko cendera mata. Pengunjung juga dapat melihat pemandangan keindahan tepi danau yang asri dan sejuk.

5. Perpustakaan Universitas Malahayati-Indonesia

Perpustakaan Universitas Malahayati memiliki beberapa miniatur rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua BaratPerpustakaan Universitas Malahayati memiliki beberapa miniatur rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua Barat Foto: Youtube Perpustakaan Universitas Malahayati

Tidak hanya perpustakaan UI, kota Bandar Lampung memiliki perpustakaan Universitas Malahayati yang dikenal dengan konsep desain yang unik karena menghadirkan nuansa alam di dalam perpustakaan.

Dalam deretan rak buku terdapat sungai buatan yang memanjang berisi ikan mas. Selain itu, pada perpustakaan ini juga terdapat beberapa miniatur rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua Barat.

Miniatur rumah adat ini dapat difungsikan sebagai tempat pengunjung yang ingin berdiskusi.

Nah, itulah 5 perpustakaan yang dikenal memiliki arsitektur unik di dunia. Apakah ada perpustakaan yang ingin detikers kunjungi?



Simak Video "3 Isu Arsitektur Kesehatan Global yang Disoroti G20 Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia