Tebet Eco Park dan 5 Taman Ini Ada Perpustakaan Mini, Main Yuk!

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 07 Mei 2022 17:00 WIB
Tebet Eco Park telah diresmikan pada Sabtu (23/4) kemarin. Fasilitas di Tebet Eco Park bisa digunakan untuk beraktivitas dan berinteraksi tanpa dikenakan biaya.
Tebet Eco Park dan taman lain yang dilengkapi perpustakaan mini. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Tebet Eco Park menjadi salah satu atraksi siswa saat libur Lebaran 2022 dan libur sekolah hingga 11 Mei mendatang. Di samping spot bermain dan jembatannya yang ikonik, taman kota ini juga lengkap dengan perpustakaan mini.

Menyusul taman-taman kota di Jakarta, Tebet Eco Park juga menyediakan buku dalam kotak-kotak penyimpanan mini di salah satu sudut taman. Kamu bisa membaca buku di bangku panjang yang tersedia di bawah pohon-pohon tinggi. Bawa juga buku layak baca di rumah jika ingin menyumbang ke perpustakaan ini.

Sebelumnya, Jakarta ditetapkan sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia oleh Badan pendidikan dan Kebudayaan PBB UNESCO. Jakarta terpilih dari 49 kota lain yang tergabung dalam jaringan kota kreatif UNESCO's Creative City Network 2021.

Jika berencana menghabiskan liburan di Jakarta, kamu bisa duduk-duduk di sejumlah taman sambil membaca buku. Tidak hanya itu, taman di beberapa kota lain juga punya fasilitas-fasilitas perpustakaan mini. Di mana saja?

Perpustakaan di Taman

1. Taman Suropati

Dua orang pengunjung membaca buku di perpustakaan mini Taman Suropati, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). Jakarta ditetapkan sebagai 'City of Literature' atau Kota Sastra Dunia dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif jaringan kota kreatif dunia atau 'UNESCO's Creative City Network tahun 2021' oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.Dua orang pengunjung membaca buku di perpustakaan mini Taman Suropati, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). Jakarta ditetapkan sebagai 'City of Literature' atau Kota Sastra Dunia dari 49 kota lain di dunia yang tergabung dalam jaringan kota kreatif jaringan kota kreatif dunia atau 'UNESCO's Creative City Network tahun 2021' oleh Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa. Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT

Perpustakaan di Taman Suropati, Jakarta berbentuk pos-pos kayu berisi buku bacaan. Kotak-kotak perpustakaan mini atau Bookhive berisi buku yang sengaja disediakan maupun buku sumbangan yang bisa kamu baca.

Kamu juga menyumbang buku ke perpustakaan ini dengan meletakkan buku layak baca dari rumah di kotak penyimpanan perpustakaan mini tersebut. Perpustakaan mini ini terbuka untuk buku novel, nonfiksi umum, puisi, buku anak-anak, buku teks, dan ensiklopedia berbahasa Indonesia dan Inggris.

2. Taman Situ Lembang

Sejumlah warga di kawasan Taman Situ Lembang, Jakarta, memanfaatkan waktu ngabuburit untuk membaca buku di perpustakaan.Siswa bisa membaca di perpustakaan Taman Situ Lembang, Jakarta. Foto: Ari Saputra

Taman Situ Lembang, Jakarta juga memiliki perpustakaan mini dari Bookhive. Jika belum selesai membaca, kamu bisa membaca buku dari Bookhive untuk dibaca di tempat lain. Syaratnya, kembalikan buku tersebut ke perpustakaan mini jika sudah selesai atau menyumbang buku lain agar orang lain juga bisa mendapat bacaan.

Dikutp dari laman Badan Standardisasi Nasional (BSN), perpustakaan mini Bookhive beroperasi dari pukul 06.00 - 18.00 WIB. Di luar jam tersebut, Bookhive dikunci. Jika ingin menyumbang di luar jam operasi, titipkan buku ke satpam.

3. Taman Perpustakaan

Pemkab Bandung membangun perpustakaan modern untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat, khususnya anak-anak. Perpustakaan itu berkonsep seperti taman baca.Pemkab Bandung membangun perpustakaan modern untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat, khususnya anak-anak. Perpustakaan itu berkonsep seperti taman baca. Foto: Wisma Putra

Taman Perpustakaan, Kabupaten Bandung punya fasilitas perpustakaan digital bagi pengunjung. Cukup unduh aplikasi Elfan Booklibrary di Playstore, lalu scan barcode di rak buku taman.

Taman Perpustakaan menyediakan buku digital untuk dewasa hingga buku soal anak. Di sekitar perpustakaan berbentuk mirip kotak telepon ini, anak-anak juga bisa bermain ular tangga dan sondah atau engklek di taman.

4. Taman Kunci

Taman Kunci merupakan salah satu taman di Tangerang yang berisi penangkaran kupu-kupu dan kelinci. Bangunan dome berisi koleksi kupu-kupu dan kelinci merupakan salah satu daya tarik desain di taman tematik ini.

Jika beruntung, kamu bisa melihat kelinci dan kupu-kupu saat membaca buku di bawah pohon rindang taman Kunci. Pengunjung yang ingin membaca buku di perpustakaan Taman Kunci cukup menuliskan nama, nomor telepon, dan judul buku yang dipinjam. Syaratnya, buku hanya bisa dibaca di Taman Kunci.


5. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi berlokasi di Karawaci, Tangerang. Perlu diingat, taman tematik ini mewajibkan scan barcode PeduliLindungi dan mengenakan masker bagi pengunjung. Siswa di bawah 12 tahun boleh masuk dengan dampingan orang tua yang sudah divaksinasi.

Perpustakaan di Taman Ekspresi berisi koleksi buku anak dan buku dewasa. Kendati kebanyakan bukan koleksi baru, ada cukup pilihan untuk menemani bersantai di Taman Ekspresi. Taman ini buka pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Nah, itu dia deretan perpustakaan di taman yang bisa kamu kunjungi. Tetap patuhi prokes saat berkunjung, ya!



Simak Video "Kunjungan Jokowi ke Taman Balekambang Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia