Mengenal Upanat, Sandal Khusus untuk Naik Candi Borobudur

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 15 Jun 2022 10:00 WIB
Sandal upanat yang dibuat salah satu perajin di Bumisegoro, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.
Perajin pembuat sandal upanat/Foto: Eko Susanto/detikJateng
Jakarta -

Ingat dengan kasus keausan Candi Borobudur? Tenyata keausan ini tidak hanya disebabkan oleh faktor alami, tapi juga dari pengunjung.

"Terjadinya keausan karena kena gesekan sepatu pengunjung. Akibat gesekan yang sudah terjadi bertahun-tahun maka batu menjadi aus," jelas Marsis Sutopo, Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) pada detikEdu, Kamis (9/6/2022).

"Keausan yang terjadi sudah sangat dalam, sehingga batu pada bagian tangga hampir semua permukaannya sudah cekung," imbuhnya.

Sebelumnya, keausan adalah hilangnya atau bergesernya bahan dari suatu permukaan ke permukaan lain. Keausan pada Candi Borobudur menyebabkan bentuk permukaan candi menjadi cekung.

Selain gesekan sepatu pengunjung, proses keausan juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor alam, seperti panas, hujan, angin, dan sebagainya. Namun efek gesekan karena faktor alam tidak separah gesekan sepatu pengunjung.

Untuk mengurangi keausan akibat gesekan pengunjung, Candi Borobudur menyediakan alas kaki atau sandal berupa Upanat Bodobudur. Dilansir dari laman Instagram Ditjen Guru dan Tenaga Kerja Kemendikbud, Upanat Borobudur adalah alas kaki yang terbuat dari anyaman daun pandan.

Setelah melakukan uji gesekan, diketahui bahwa jenis material bahan spon ati pada Upanat Borobudur memiliki tingkat kekerasan yang lebih rendah dibandingkan jenis spon batu. Alhasil, Upanat Borobudur menyebabkan keausan yang lebih rendah dibandingkan alas kaki biasa.

Selain memiliki nilai fungsional, Upanat Borobudur juga menjadi edukasi pelestarian kepada pengunjung. Upanat Borobudur mengajarkan pada pengunjung untuk melestarikan bentuk asli Candi Borobudur.

Tak hanya itu, sandal ini juga merupakan program pelestarian berbasis pemberdayaan masyarakat yang dibuat oleh pengrajin di kawasan Candi Borobudur. Apa kamu pernah memakai sandal Upanat Borobudur, detikers?

Simak Video 'Persiapan Pembuatan Upanat, Sandal untuk Naik ke Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia