Heboh Tiket Borobudur Mahal, Ini Harga Tiket 5 Situs Warisan Dunia Lain

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 08 Jun 2022 11:30 WIB
Kuil Wat Arun
Wat Arun, salah satu situs warisan dunia yang berada di Bangkok, Thailand Foto: NFadils/d'Traveler
Jakarta -

Rencana kenaikan harga tiket masuk Borobudur sempat membuat heboh karena dianggap terlalu mahal. Di beberapa negara, tiket masuk untuk situs warisan dunia terbilang beragam. Ada yang mahal dan juga ada yang murah.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah berencana menaikkan harga tiket masuk Borobudur yang awalnya Rp 50.000 menjadi Rp 750.000. Biaya Rp 750.000 dikenakan jika wisatawan ingin naik ke kawasan candi, sementara jika hanya di halaman saja maka harga tiketnya tetap Rp 50.000. Kabar ini langsung disambut pro dan kontra dari masyarakat. Banyak yang menganggap harga ini terlalu mahal.

Tiket seharga Rp 750.000 ini berlaku untuk wisatawan domestik yang mau masuk dan berkunjung ke Candi Borobudur. Kenaikan harga tiket masuk juga dilakukan pada wisatawan mancanegara alias wisman, tiket masuk wisman naik jadi US$ 100 per orang. Rencana ini dibeberkan Luhut melalui akun instagramnya @luhut.pandjaitan (5/6).

Candi Borobudur bukan satu-satunya situs warisan dunia bernilai sejarah. Di beberapa negara juga terdapat situs warisan dunia yang kemudian dipugar oleh pemerintah dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang beragam. Sebut saja misalnya Taj Mahal di India yang mematok harga tiket setara Rp 9.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 204.000 untuk wisatawan mancanegara. Atau ada juga tiket masuk Tembok Besar China yang berkisar Rp 54.300 hingga Rp 1,7 juta.

Berikut beberapa harga tiket masuk situs warisan dunia:

1. Tembok Besar China, China

Tembok Besar China dianggap sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tembok yang terbentang dengan panjang 21.196 kilometer ini berlokasi di Huairou District, China. Siapapun boleh berkunjung ke Tembok Besar China, bahkan beberapa event spektakuler pun pernah digelar di sini.

Dilansir dari travelchinaguide.com, harga tiket masuk situs warisan dunia ini beragam mulai dari CNY 25 - CNY 65 atau Rp 54.300 - Rp 141.200 per orang. Namun ada waktu-waktu tertentu yang membuat harga tiket melonjak tinggi. Kamu juga bisa mengambil paket tur lengkap dengan harga mulai Rp 300.000 hingga Rp 1,7 juta.

2. Colosseum, Italia

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Italia tanpa menyambangi Colosseum. Bangunan peninggalan bersejarah ini adalah arena gladiator yang dibangun oleh Vespasian. Pada masanya, Colosseum digunakan sebagai tempat pertunjukan yang mampu menampung hingga 50.000 orang penonton.

Ada beberapa paket tur yang ditawarkan di Colosseum. Dilansir dari laman thecolosseum.org, harga tiket masuk untuk dewasa sebesar €16 atau setara dengan Rp 247.000 dan tiket anak sebesar €6 atau sekitar Rp 92.000 per tiket. Sementara harga tiket tur mulai dari €40 hingga €161 (Rp 619 ribu-2,4 juta).

3. Taj Mahal

Taj Mahal memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke India. Bangunan yang terletak di Agra, India ini juga memiliki sejarah yang menarik karena dibangun oleh Kaisar Mughal Shāh Jahān untuk sang istri.

Taj Mahal yang dibangun pada tahun 1632 ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata. Untuk bisa menikmati wisata Taj Mahal, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk 1.100 Rupee atau sekitar Rp 204.000 untuk wisatawan mancanegara dan 50 Rupee sekitar Rp 9.000 untuk warga lokal.

4. Wat Arun, Thailand

Wat Arun adalah candi Budha sekaligus situs paling terkenal di Bangkok, Thailand. Wat Arun memiliki nama asli Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara. Bangunan ini merupakan kuil tertua di Thailand yang dibangun pada zaman Kerajaan Ayutthaya.

Berdasarkan situs tourismthailand.org, tiket masuk untuk Wat Arun senilai 50 Thai Baht atau sekitar Rp 21.050. Ada rencana kenaikan harga tiket ini menjadi 100 Baht atau sekitar Rp 44.000 per orang.

5. Piramida Agung Giza

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan juga terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza. Piramida ini dipercaya dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu. Saking besarnya, pembangunan piramida ini membutuhkan waktu selama lebih dari 20 tahun pada sekitar tahun 2560 sebelum masehi.

Dilansir dari egypttailormade.net, tiket masuk ke dalam piramida ini senilai 400 Egyptian Pounds atau setara Rp 309.200 per orang. Dengan tiket ini, kamu bisa menjelajahi Piramida Agung Giza dan juga beberapa piramida kecil di sekitarnya yang menyimpan sejarah Mesir.

Nah Detikers, itulah harga tiket masuk untuk beberapa situs warisan dunia. Setiap situs warisan dunia ini memiliki harga tiket masuk yang beragam. Semua diatur oleh pemerintah setempat.



Simak Video "Respons Turis Lokal dan Asing soal Harga Tiket Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia