ADVERTISEMENT

Niat Puasa Ayyamul Bidh Juni 2022 dan Jadwalnya Selama Tiga Hari

Kristina - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 05:00 WIB
close up image .
Ilustrasi puasa Ayyamul Bidh. Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan
Jakarta -

Puasa Ayyamul Bidh adalah ibadah sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan qomariyah. Orang yang mengerjakan ibadah sunnah ini akan dicatat seperti berpuasa sepanjang tahun.

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, berikut jadwal dan niatnya.

A. Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala."

Mengutip buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, Rasulullah SAW membiasakan diri menunaikan puasa Ayyamul Bidh. Bahkan, beliau jarang sekali meninggalkannya, baik ketika di rumah maupun dalam perjalanan.

B. Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juni 2022

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Juni 2022 akan jatuh pada hari Senin-Rabu, 13-15 Juni 2022. Perhitungan ini berdasarkan keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menetapkan 1 Zulkaidah jatuh pada Rabu, 1 Juni 2022. Berikut selengkapnya:

  • Puasa Ayyamul Bidh hari pertama: Senin, 13 Juni 2022 (13 Zulkaidah 1443 H)
  • Puasa Ayyamul Bidh hari kedua: Selasa, 14 Juni 2022 (14 Zulkaidah 1443 H)
  • Puasa Ayyamul Bidh hari ketiga: Rabu, 15 Juni 2022 (15 Zulkaidah 1443 H).

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh termaktub dalam hadits Muttafaq 'Alaih. Dari Abdullah ibn Amr ibn 'Ash RA, ia berkata bahwa nabi SAW pernah bersabda kepadanya:

"Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. Karena sesungguhnya pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun." (HR Muttafaq 'Alaih).

Anjuran mengerjakan puasa Ayyamul Bidh ini juga disebutkan dalam riwayat Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk tidak meninggalkan puasa tiga hari setiap bulannya (Ayyamul Bidh). Beliau saat itu berwasiat kepada sahabatnya Abu Darda RA. Dia (Abu Darda RA) berkata:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Rasulullah SAW berpesan kepadaku tiga hal yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati, yaitu berpuasa setiap tiga hari pada setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat salat dhuha, serta salat witir sebelum tidur." (HR Bukhari Muslim).

Jangan lupa, puasa Ayyamul Bidh Juni 2022 dimulai Senin (13/6/2022) ya, detikers!



Simak Video "Kemenag Ungkap Hilal Awal Ramadan1443 H di Indonesia Belum Terlihat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia