Benarkah Tikus Jantan Takut Pisang? Ini Kata Ilmuwan

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 06 Jun 2022 20:00 WIB
Ilustrasi tikus
ilustrasi tikus.Foto: Thinkstock
Jakarta -

Baru-baru ini ilmuwan menemukan fakta tikus jantan takut terhadap pisang. Aroma pada buah pisang dapat mengakibatkan para tikus jantan stres. Aroma tersebut berasal dari senyawa yang juga ditemukan pada urine tikus betina

Peneliti dari McGill University di Montreal, Quebec mempelajari buah-buah apa saja yang membuat tikus jantan dan betina stres. Mereka menemukan perubahan hormonal pada tikus jantan yang dipicu senyawa n-pentil asetat

"Penemuan ini cukup mengejutkan karena kami tidak sengaja menemukan jika tikus jantan takut pada pisang," ujar salah satu peneliti Jeffrey Mogil yang dikutip dari Livescience.

Peneliti juga mengatakan tikus jantan yang masih perjaka punya kebiasaan untuk memangsa bayi tikus. Kebiasaan ini untuk meningkatkan kebugaran genetik tikus jantan. Tikus betina tentunya punya mekanisme pertahanan diri menghadapi kebiasaan ini

Untuk mengatasi hal itu, tikus betina yang hamil dan menyusui bergantung pada chemosignaling atau memancarkan respon kimia melalui tubuh mereka. Sinyal tersebut menyarankan agar pejantan tetap tinggal dan pemangsa menjauh dari keturunannya.

"Tikus sangat bergantung pada indra penciumannya. Sehingga jika betina mengirimkan signal seperti berarti mengisyaratkan agar tidak macam-macam terhadap anak mereka," ujar Mogil.

Uji Coba Pada Pisang

Mogil dan timnya penasaran apakah n-pentil asetat dari sumber yang berbeda akan memicu respon yang serupa. Mereka lalu membeli minyak pisang dan menuangkannya pada bola kapas yang ditaruh ke dalam kandang tikus jantan.

Dari uji coba tersebut, pisang terbukti meningkatkan stress tikus jantan. Mereka juga percaya lonjakan hormon ini secara langsung berhubungan dengan stres akan menghadapi pertarungan. Lonjakan stres reda setelah mencium aroma pisang selama 60 menit.

Hasil penemuan lainnya adalah tingkat pereda stress tikus jantan yang masih perjaka lebih tinggi. Tikus jantan yang masih perjaka juga memiliki ancaman yang lebih besar dalam menjalani hidup.

Nah jadi tikus memang tidak menyukai aroma pisang ya detikers alasannya karena menyerupai sinyal yang diberikan tikus betina untuk menyuruh mereka pergi.



Simak Video "4 Teknologi yang Mencoba "Melawan" Kuasa Tuhan "
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia