Berbulu Lebat, Bikin Gemes, Mirip Tikus, Hewan Apakah Aku?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 11 Mei 2022 08:30 WIB
kelinci Chinchilla
chinchilla. Foto: pets4homes
Jakarta -

Tahukah detikers jika ada hewan yang mirip tikus namun menggemaskan dan memiliki bulu yang lebat? Hewan tersebut bernama chinchilla.

Mengutip dari akun Instagram Kemdikbud, chinchilla adalah hewan mamalia yang termasuk dalam keluarga Chinchillidae dan genus rodentia. Hewan ini hidup di sebelah Timur benua Amerika Selatan.

Chinchilla memiliki ukuran yang kecil dan sangat imut. Panjang tubuh hewan ini yaitu berkisar 23 sampai dengan 26 centimeter. Selain itu beratnya berkisar antara 280 hingga 450 gram.

Keluarga tikus ini memiliki keunikan yaitu bulunya yang lebat. Jumlahnya mencapai 50 rambut di tiap folikel atau sekitar 20 ribu helai rambut di setiap centimeter persegi.

Chinchilla juga biasa berdiam diri dan bersembunyi pada siang hari. Pada sore hingga malam hari ia lebih aktif mencari makan. Hewan ini kini terancam punah dan menyisakan 5 ribu ekor saja.

Berikut adalah fakta unik chinchilla:

Fakta Unik Chinchilla

1. Berumur Panjang

Chinchilla dapat hidup remaja, bahkan ada yang hidup hingga 20 tahun. Hewan ini juga cenderung dijadikan hewan peliharaan. Namun chinchilla yang dipelihara memiliki umur yang sedikit lebih pendek dibandingkan di penangkaran.

2. Memiliki Beragam Vokal

Chinchillas menghasilkan sebanyak sepuluh suara berbeda tergantung pada apa yang terjadi di lingkungan mereka. Mereka juga memiliki jangkauan vokal yang luas dan dapat membuat suara dengan nada yang berbeda.

3. Berbeda Dari Kelinci

Walaupun dikelompokkan dalam kelompok kecil dan berbulu, chinchilla sangat berbeda dari kelinci. Chinchilla termasuk hewan pengerat dan kekerabatannya dekat dengan marmot. Namun memiliki telinga lebih pendek dan bulat daripada kelinci yang bergerak sangat cepat.

4. Warnanya Beragam

Hewan keluarga tikus yang juga mirip kelinci ini umumnya berwarna abu-abu biru tua. Namun di alam liar, bulu chinchilla berwarna kuning keabu-abuan.

Ada beberapa warna lainnya seperti krem, putih, dan eboni. Bahkan ada yang berwarna safir, ungu, arang, dan beludru.

5. Suka Menggigit

Jika memelihara chinchilla dan memegangnya tidak tepat ia akan menggigit. Untuk itu penting pengasuhan yang tepat saat memelihara chinchilla. Nah itulah fakta dan penjelasan mengenai hewan chinchilla, detikers pernah lihat?



Simak Video "Dua Orang Tewas Akibat Kereta Kelinci Terbalik di Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia