Nilai Akademik Bukan Penentu Kesuksesan, Ini Faktor yang Memegang Peran Penting

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 05 Jun 2022 15:30 WIB
kecerdasan emosional
Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen/Nilai Akademik Bukan Penentu Kesuksesan, Ini Faktor yang Memegang Peran Penting
Jakarta -

Selama ini banyak orang menganggap bahwa nilai akademik tinggi bisa menjadi tolok ukur kesuksesan. Padahal ada banyak aspek yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, salah satu yang penting adalah faktor kecerdasan emosional (EQ).

Penelitian menjelaskan bahwa kecerdasan emosional berkontribusi 2 kali lebih penting dalam mempengaruhi kesuksesan dibandingkan kecerdasan intelektual (IQ).

Hal ini dikarenakan EQ berperan sangat penting dalam proses menghadapi kehidupan sosial yang harus berinteraksi dengan orang lain. Tak adanya EQ, seseorang tidak akan bisa menjalankan hidup sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


5 Elemen Penting Kecerdasan Emosional

Mengutip laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (3/6/2022), EQ memiliki peranan yang penting dalam kesuksesan karena bisa membuat seseorang mampu menguasai 5 soft skill, di antaranya:

1. Self Awareness

Elemen ini membuat individu mampu mengenali emosi, kemampuan, kekuatan, kelemahan dan batasan diri. Seseorang yang memiliki kesadaran pada diri sendiri dapat mudah untuk mendengar, menerima, dan menjalankan kritik dari orang lain.

2. Self Regulation

Seseorang dengan self regulation yang tinggi, akan tahu kapan harus mengeluarkan emosinya. Hal ini karena dia mampu mengontrol emosi dan tindakan dengan baik sehingga jauh dari tindakan impulsif yang merugikan.

3. Motivation

Seseorang yang cerdas secara emosional adalah orang yang dapat memotivasi dirinya sendiri. Motivasi dalam melakukan sesuatu akan datang pada sendirinya.

4. Empati

Empati membuat seseorang memahami dan menumbuhkan koneksi dengan orang lain secara emosional. Hal ini penting untuk setiap individu agar peduli dan tulus dalam berhubungan dengan siapapun.

5. Social Skill

Skill bernegosiasi tentu sangat penting dalam dunia pekerjaan. Dengan memiliki social skill tinggi, seseorang dapat memiliki kemampuan berkomunikasi dan membangun relasi dengan baik.


Manfaat Memiliki Elemen Kecerdasan Emosional

Dengan menguasai soft skill di atas, seseorang akan memiliki hubungan yang menyenangkan di dunia pekerjaan. Sehingga bisa membantunya untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan dan mencapai kesuksesan.

Berikut adalah manfaat-manfaat memiliki EQ yang tinggi:


- Komunikasi yang efektif

Kecerdasan emosional yang tinggi dapat membuat seseorang bisa mendengarkan dan memberi respon secara baik dengan rekan kerja.


- Mengatasi tekanan pekerjaan dengan baik

Dengan memiliki self awareness yang tinggi maka seseorang akan lebih mudah mengatur tingkat stres yang dialami.


- Mampu menerima masukan

Seseorang yang cerdas EQ-nya, dapat menerima kritik dengan baik tanpa melakukan pembelaan diri.

Selain penting untuk menunjang fase kehidupan seperti karier, kecerdasan emosional juga penting untuk disadari dan dipelajari agar kualitas pikiran terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia.



Simak Video "Semua Anak Berhak Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia