Satu Organ Manusia yang Awet Muda meski yang Lain Menua, Apa Itu?

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 04 Jun 2022 20:30 WIB
6 Makanan untuk Mencegah Penyakit Liver, Salah Satunya Kopi!
Liver, hati. Foto: Getty Images/iStockphoto/bingokid
Jakarta -

Hati atau liver adalah organ manusia yang tetap awet muda, ketika bagian tubuh yang lainnya mengalami penuaan. Dalam salah satu penelitian terkini, dikatakan bahwa usia hati manusia rata-rata adalah kurang dari tiga tahun, tak peduli umur berapa pun orang tersebut.

Para peneliti menemukan hal ini menggunakan permodelan matematika dan sebuah metode yang dinamakan penanggalan kelahiran radiokarbon secara retrospektif. Metode tersebut mencatat penanggalan sel manusia berdasarkan tingkat karbon isotop yang meningkat di atmosfer setelah uji nuklir pada pertengahan abad 20.

Berdasarkan metode tersebut, para ilmuwan menemukan peremajaan liver atau hati, sebagian besar tidak terpengaruh meski manusia menua.

"Tidak peduli apakah kamu berusia 20 atau 84, livermu rata-rata berusia di bawah tiga tahun," kata ahli biologi molekuler, Olaf Bergmann, dari Dresden University of Technology Jerman, dikutip dari Science Alert.

Para peneliti menganalisis sampel jaringan post-mortem dan biopsi dari lebih dari 50 orang yang usianya antara 20 sampai 84 tahun. Di sana mereka menemukan sistem biologis manusia mempertahankan kontrol yang ketat atas massa hati di sepanjang hidup kita dengan cara penggantian sel organ tersebut secara terus-menerus.

Saat seseorang menua, tubuhnya tidak seberapa dapat memperbarui sel dan memperbaikinya sendiri. Namun, yang ditemukan para ilmuwan ini tidak berlaku untuk hepatosit, yakni sel-sel yang terdapat dalam liver.

Walau begitu, tidak semua sel hati sama-sama meremajakan diri dengan cepat. Sebagian kecil bisa hidup sampai 10 tahun. Menurut para peneliti, hal ini berkaitan dengan seberapa banyak pasangan kromosom yang dibawa.

Sebagian besar sel dalam tubuh manusia terkecuali sel kelamin, membawa salinan seluruh genom tubuhnya. Kendati begitu, hati adalah sebuah pengecualian. Organ tersebut mempunyai proporsi sel yang menghasilkan lebih banyak salinan seluruh kumpulan DNA.



Simak Video "Kisah Pejuang Hati, Pengorbanan Ibu untuk Anak Atresia Bilier"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia