ADVERTISEMENT

10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Dunia, Ada yang Bisa Abadi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 03 Jun 2022 09:00 WIB
Paus Kepala Busur
Foto: Paus Kepala Busur via The Independent/10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Dunia, Ada yang Bisa Abadi
Jakarta -

Pernah dengar ada hewan yang bisa berpotensi abadi? Dengan banyaknya hewan yang ada di dunia, ternyata ada spesies hewan yang bisa hidup lama hingga ribuan tahun bahkan bisa hidup selamanya.

Kebanyakan hewan tersebut adalah mamalia dan invertebrata yang hidup di wilayah perairan. Mulai dari jenis paus, kerang, hingga hydra.

Mengutip laman LiveScience, berikut ini daftar 10 hewan yang hidup paling lama di dunia.


10 Hewan yang Hidup Paling Lama di Dunia:


1. Paus Kepala Busur (Bowhead) - 200+ Tahun

Paus Bowhead (Balaena mysticetus) adalah mamalia yang hidup paling lama. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), umur pasti paus Arktik dan subarktik tidak diketahui tetapi pada beberapa individu membuktikan bahwa mereka dapat hidup lebih dari 200 tahun.


2. Ikan Karang Kasar (Rougheye Rockfish) - 200+ Tahun

Menurut Departemen Ikan dan Margasatwa Washington, Rougheye rockfish (Sebastes aleutianus) adalah salah satu ikan yang hidup paling lama dan memiliki umur maksimum setidaknya 205 tahun. Ikan berwarna merah muda atau kecoklatan ini hidup di Samudera Pasifik dari California hingga Jepang.


3. Kerang Mutiara Air Tawar - 250+ Tahun

Kerang mutiara air tawar (Margaritifera margaritifera) hidup di sungai dan dapat ditemukan di Eropa dan Amerika Utara, termasuk AS dan Kanada. Menurut World Wildlife Fund (WWF), kerang mutiara air tawar tertua yang diketahui berusia 280 tahun.


4. Hiu Greenland - 272+ Tahun

Sebuah studi tahun 2016 tentang jaringan mata Hiu Greenland, yang diterbitkan dalam jurnal Science, memperkirakan bahwa hiu ini dapat memiliki umur maksimum setidaknya 272 tahun.


5. Cacing Tabung Raksasa (Tubeworms) - 300+ Tahun

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal The Science of Nature, menemukan bahwa Escarpia laminata, spesies cacing tabung yang hidup di dasar laut di Teluk Meksiko, secara teratur hidup hingga 200 tahun dan beberapa spesimen bertahan lebih dari 300 tahun.


6. Kerang Laut Ocean quahog clams - 500+ Tahun

Ocean quahog clams (Arctica islandica) menghuni Samudra Atlantik Utara. Menurut Museum Nasional Wales, satu kerang quahog laut yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 berusia 507 tahun.


7. Karang (Black Coral) - 4.000+ Tahun

Karang terlihat seperti bebatuan dan tumbuhan bawah air yang berwarna-warni, tetapi sebenarnya terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip.


Polip ini terus berkembang biak dan seiring waktu struktur rangka luar karang tumbuh lebih besar dan lebih besar. Karang dapat hidup selama ratusan tahun atau lebih, tetapi karang hitam air dalam (Leiopathes sp.) termasuk di antara karang yang hidup paling lama. Spesimen karang hitam yang ditemukan di lepas pantai Hawaii telah diukur berusia 4.265 tahun, menurut laporan Live Science.


8. Spons Kaca - 10.000+ Tahun

Spons kaca terdiri dari koloni hewan, mirip dengan karang dan juga dapat hidup selama ribuan tahun. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Geology memperkirakan bahwa spons kaca milik spesies Monorhaphis chuni yang berusia sekitar 11.000 tahun.


9. Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii - Berpotensi Abadi

Turritopsis dohrnii disebut ubur-ubur abadi karena berpotensi hidup selamanya. Ubur-ubur memulai hidup sebagai larva, sebelum menetap di dasar laut dan berubah menjadi polip.

Menurut Museum Sejarah Alam di London, ubur-ubur yang berasal dari Laut Mediterania, dapat mengulangi siklus hidup mereka beberapa kali dan berpotensi tidak pernah mati karena usia tua dalam kondisi yang tepat.


10. Hydra - Berpotensi Abadi

Hydra adalah sekelompok invertebrata kecil dengan tubuh lunak yang terlihat sedikit seperti ubur-ubur. Seperti Turritopsis dohrnii, Hydra juga berpotensi untuk hidup selamanya.

Invertebrata ini sebagian besar terdiri dari sel induk, yang terus beregenerasi melalui duplikasi atau kloning. Hydra tidak hidup selamanya dalam kondisi alami karena ancaman seperti predator dan penyakit. Tetapi tanpa ancaman eksternal ini, mereka bisa abadi.

Itulah 10 hewan dengan usia terpanjang di dunia. Apakah ada hewan yang sudah pernah detikers lihat sebelumnya?



Simak Video "Penampakan Sapi Kurban Jokowi Berbobot 1,15 Ton di Masjid Istiqlal"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia