Mengenal Ikan Sheepshead, Ikan dengan Gigi yang Mirip Manusia

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Kamis, 02 Jun 2022 15:00 WIB
Ikan Sheepshead yang giginya mirip seperti manusia.
Ikan bergigi mirip gigi manusia. Foto: Live Science
Jakarta -

Biasanya, ikan memiliki gigi tajam untuk mengunyah makanan nya. Tapi, pernahkah kamu melihat ikan yang memiliki gigi seperti manusia? Nah jika belum, ayo berkenalan dengan ikan sheepshead.

Ikan sheepshead (Archosargus probatocephalus) adalah ikan yang biasa ditemukan di perairan Amerika Utara dan Selatan. Tubuhnya diselimuti 7 hingga 9 garis hitam. Akibat garis ini, ikan sheepshead juga kerap dijuluki 'ikan narapidana'.

Meski dijuluki 'ikan narapidana' ikan ini tidak berbahaya dan memiliki gigi yang 'ramah'. Gigi ikan sheepshead tidak tajam seperti ikan lain. Giginya tumpul menyerupai gigi geraham manusia. Apa ya sebabnya?

Sebab Gigi Ikan Sheepshead Menyerupai Gigi Manusia

Di masa remaja, ikan sheepshead akan memakan hewan bertubuh lunak dan berbagi hewan kecil bercangkang. Setelah ikan ini tumbuh menjadi 5 cm, mereka mulai memakan hewan bercangkang keras seperti moluska dan teritip.

Bersamaan dengan semakin keras jenis makanan yang mereka makan, gigi ikan sheepshead akan semakin menyerupai gigi geraham manusia. Hal ini untuk memudahkan mereka memakan makanan yang bercangkang keras.

Selain itu, apalagi fakta unik dari ikan sheepshead?

Fakta Unik Ikan Sheepshead

1. Bisa Hidup di Tiga Jenis Perairan

Selain gigi yang menyerupai manusia, ikan sheepshead juga bisa hidup di tiga jenis perairan. Ikan ini biasa ditemukan di perairan air asin, air payau, dan juga air tawar. Saat musim dingin, ikan sheepshead akan bermigrasi dari air asin dan air payau ke perairan tawar yang lebih hangat.

Menurut Florida Museum of Natural History (FMNH), ikan sheepshead akan pergi ke lapas pantai untuk bertelur. Musim bertelur ikan-ikan ini ada pada akhir musim dingin dan awal musim semi.

2. Berbadan Besar

Ikan Sheepshead bisa tumbuh hingga 91 cm atau hampir 1 meter! Melansir dari laman Live Science, rata-rata ikan ini memiliki panjang 43 hingga 45 cm.

3. Tidak Berbahaya

Meski memiliki gigi yang sangat keras, ikan ini tidaklah berbahaya. Selama kamu tidak mengganggunya, berenang bersama ikan sheepshead masih terbilang aman.

"Saya tidak ragu untuk berenang di perairan Ikan Sheepshead berada," ucap David Catania, Manajer Ichthyology (Ilmu pengetahuan tentang ikan) di California Academy of Sciences Sans Fransisco dalam laman Live Science.

Walaupun tidak berbahaya, jangan coba-coba mengganggu ikan ini, ya. Siripnya yang tajam dapat membahayakan, lho.

Nah, itulah fakta unik tentang ikan sheepshead. Menarik kan, detikers?



Simak Video "Peneliti Sebut Bulan Bisa Jadi Tempat Tinggal Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia