Ganggu Ekosistem Danau Toba, Ini Fakta Ikan Iblis Merah

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Jumat, 22 Apr 2022 19:00 WIB
Keramba jaring apung di Danau Toba, Sumut.
Danau Toba yang dikabarkan terganggu akibat ikan iblis merah. Foto: Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, ikan iblis merah atau red devil fish dikabarkan muncul di Danau Toba. Mereka menyerang ikan endemik di danau sehingga populasi berkurang dan mengganggu ekosistem.

Apa itu ikan iblis merah?

Ikan iblis merah dengan nama latin Cichlasoma labiatum adalah spesies ikan asal Danau Managua dan Danau Nikaragua di Amerika Tengah. Awalnya, ikan ini dikenalkan sebagai ikan hias di Indonesia.

Meski memiliki warna yang cantik dan figur seperti ikan lohan, ikan iblis medah bukanlah ikan yang bisa dipelihara. Ikan ini memiliki sifat agresif dan pemakan segala.

"Sebagai ikan yang bersifat predator, ikan iblis akan memangsa ikan yang lebih kecil yang sebagian besar mangsanya tersebut bisa jadi adalah benih-benih ikan endemik asli perairan tersebut," jelas Darmawan Setia Budi S Pi M Si dosen Prodi Akuakultur SIKIA Banyuwangi UNAIR dalam laman resmi UNAIR, Kamis (21/4/2022).

Pada tahun 2020 silam, ikan ini juga pernah muncul di wilayah Jogjakarta. Memakan ikan-ikan kecil dan mengganggu ekosistem perairan. Apa saja fakta unik dari ikan iblis merah ini?

1. Memiliki Umur Panjang

Ikan iblis merah bisa hidup hingga 10 sampai 12 tahun. Bahkan dikabarkan mereka bisa hidup lebih lama lagi. Dilansir dari Aquarium Source, angka harapan hidup ikan iblis merah dipengaruhi oleh kualitas air.

2. Agresif

Sesuai namanya, ikan iblis merah memiliki sifat agresif. Mereka akan memangsa apapun didukung gigi yang tajam dan rahang kuat. Menurut Our Endangered World, tidak heran populasi ikan lain berkurang jika ada ikan iblis merah.

3. Invasif

Ikan iblis merah sangat cepat dalam berkembang biak. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Itulah mengapa mereka bisa hidup di perairan tawar mana saja.

Dibarengi dengan sifat yang agresif, mereka dapat dengan mudah memangsa spesies endemik di daerah tersebut. Membuat ikan iblis merah jadi 'penguasa' perairan.

4. Pemakan Segala

Dikenal sebagai karnivora, sebenarnya ikan iblis merah adalah hewan pemakan segala atau omnivora. Selain memakan ikan-ikan kecil, mereka juga memakan cacing dan tumbuhan aquatic.

5. Dilarang Undang-undang

Apa detikers tahu kalau ikan iblis merah dilarang di Indonesia? Ikan ini sangat membahayakan populasi ikan lain sehingga pemerintah mengeluarkan aturan larangan ikan iblis merah di Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 41/PERMEN Kp/2014, ikan iblis masuk sebagai hewan air yang dilarang di Indonesia. Nah, itulah fakta tentang ikan iblis merah. Ngeri ya, detikers?



Simak Video "Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan & Empat KMP di Kawasan Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia