Mengapa Hiu & Lumba-Lumba Tidak Berenang Bersama-sama? Ini Faktanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 08:30 WIB
Ilustrasi hewan mamalia lumba-lumba
lumba-lumba berenang.Foto: Getty Images/iStockphoto/Ig0rZh
Jakarta -

Hiu dan lumba-lumba tidak pernah berenang bersama-sama. Namun menurut peneliti hiu, jika lumba-lumba terlalu sering berenang di permukaan, hal ini merupakan kabar buruk bagi hiu.

"Jika anda melihat lumba-lumba lebih sering (berenang) daripada hiu, tidak mungkin ada hiu di daerah yang sama," ujar peneliti hiu di Florida Atlantic University Stephen Kajiura yang dikutip dari LiveScience.

Hal ini dikarenakan hiu dan lumba-lumba merupakan karnivora yang mencari tempat yang sama untuk berburu.

Stephen juga mengatakan banyak mitos yang beredar bahwa lumba-lumba merupakan musuh alami dari hiu dan akan melakukan apa saja untuk menghindarinya. Namun pada faktanya lumba-lumba dan hiu umumnya berenang berdampingan dan lebih senang mengurus urusannya sendiri.

"Lumba-lumba terkadang memusuhi hiu ketika merasa terancam," kata Stephen.

Jika ada lumba-lumba yang lebih agresif, akan menabrak hiu dengan hidung mereka hingga bertengkar dengan seluruh kekuatan yang dimiliki lumba-lumba.

Hiu sendiri sering menjauh setelah terjadi pertikaian. Tidak hanya lumba-lumba, paus orca juga suka berburu hiu.

Ada beberapa fakta yang menyebabkan hiu takut kepada lumba-lumba yaitu sebagai berikut:

1. Tubuh yang Fleksibel

Kulit lumba-lumba lebih lembut dan memiliki sendi yang fleksibel sehingga lumba-lumba lebih sering menang ketika melawan hiu.

2. Ekor Horizontal

Ekor hiu yang vertikal membatasi pergerakan hiu ke atas dan ke bawah sementara itu bidang ekor lumba-lumba memungkinkan kelincahan dan perubahan arah untuk serangan cepat.

3. Moncong Tumpul yang Kuat

Moncong lumba-lumba terbuat dari tulang yang kuat dan tebal. Sehingga ketika ada gangguan lumba-lumba akan memposisikan diri beberapa meter di bawah hiu lalu meluncur ke atas dengan menusukkan moncongnya ke perut hiu.

4. Punya Kawan

Hiu merupakan hewan soliter sedangkan lumba-lumba hewan yang berkelompok dan disebut dengan pod/polong. Setiap kali anggota kelompok berada dalam bahaya dari hiu, anggota kelompok lainnya bergerak dengan cepat untuk membela teman mereka.

5. Jika Marah Berbahaya

Saat menyerang lumba-lumba, hiu mengincar kawanan yang lebih kecil seperti bayi lumba-lumba yang lebih rentan. Namun jika hiu ketahuan menyerang bayi lumba-lumba mereka bisa sangat marah dan melawan hiu.

6. Hewan yang Cerdas

Jika digambarkan, hiu melawan lumba-lumba bagaikan pertarungan klasik antara otot vs otak. Keuntungan terbesar lumba-lumba atas kekuatan hiu adalah kecerdasan mereka.

Dengan menggunakan ekolokasi, lumba-lumba dapat dengan cepat menavigasi melalui air untuk menghindari atau menyerang hiu. Hal ini membuat hiu sangat kerepotan untuk mengatasi lumba-lumba.

7. Sulit Dikejar

Lumba-lumba lebih cepat berenang daripada hiu. Sehingga menyebabkan lumba-lumba sulit ditangkap oleh pemangsa.

Nah itulah penjelasan mengenai hiu dan lumba-lumba tidak berenang bersama-sama. Kini kalian sudah mengerti kan?



Simak Video "Penampakan Kemunculan Lumba-lumba di Perairan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia