Puasa Arafah 2022 Dilaksanakan Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Niatnya

Kristina - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 06:00 WIB
Jadwal buka puasa Bekasi hari ini dapat disimak lewat ulasan berikut. Informasi terlampir mencakup jadwal buka puasa Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi hari ini.
Ilustrasi puasa Arafah. Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan
Jakarta -

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dikerjakan sehari sebelum Idul Adha. Biasanya puasa ini diawali dengan puasa Tarwiyah.

Puasa di bulan Zulhijah ini memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya seperti disebutkan dalam hadits riwayat Muslim bahwa puasa Arafah akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Puasa Arafah merupakan salah satu amalan utama dari sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Imam Bukhari meriwayatkan perihal puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis."

Jadwal Puasa Arafah 2022

Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah. Jadwal puasa Arafah 2022 dapat diketahui setelah sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah digelar.

Sementara itu, menurut Maklumat Muhammadiyah tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah, 9 Zulhijah jatuh pada hari Jumat Kliwon (8/7/2022), sehingga puasa Arafah dilaksanakan tanggal 8 Juli 2022.

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya : "Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala."

Selain puasa Arafah, umat Islam juga dapat mengerjakan puasa mulai tanggal 1 Zulhijah sebagaimana yang biasa dilakukan Rasulullah SAW semasa hidupnya.



Simak Video "Puasa di Ujung Bumi Utara dan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia