Struktur Nukleus, Pengertian Beserta Fungsinya

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 19 Mei 2022 07:00 WIB
sel hewan
Struktur nukleus dan fungsinya. Foto: iStock
Jakarta -

Nukleus atau biasa disebut dengan inti sel adalah organel inti dan terbesar dalam sebuah sel. Kata nukleus ini berasal dari bahasa latin yang memiliki arti karnel atau kacang.

Bentuk nukleus sendiri yaitu kasar dan bulat, kemudian pada sel hewan terletaknya di bagian tengah sel. Diameter nukleus hanya sebesar 10 mikrometer.

Nukleus disebut sebagai pusat perintah atau yang mengatur segala aktivitas sel-sel lainnya. Selain itu, nukleus mengandung Deoxyribonucleic Acid atau biasa kita sebut sebagai DNA.

Berdasarkan buku Dasar Dasar Mikrobiologi dan Penerapannya karya Dharma Gyta Sari Harahap dkk, nukleus terdiri dari beberapa struktur diantaranya:

1. Membran Inti

Membran inti adalah selaput pembungkus nukleus yang melapisi inti sel. Bagian sel ini memiliki fungsi sebagai pelindung serta pemisah dari organel lainnya.

Membran inti memiliki pori pori yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya molekul.

2. Nukleolus

Nukleolus kerap disebut sebagai anak inti. Fungsi dari nukleolus ini yaitu sebagai tempat memproduksi ribosom yang tugasnya memproduksi protein dalam sel.

Bentuk nukleolus sendiri bulat, padat serta berwarna gelap. Nukleolus tidak memiliki selaput pelindung di bagian luarnya.

3. Nukleoplasma

Nukleoplasma terdiri dari protein, enzim, air, ion dan asam inti. Dalam nukleoplasma bersifat gel, terdapat kromatin atau benang benang penyerap warna ya memiliki peran oenting pada proses pembelahan sel.

Nukleoplasma adalah cairan kental dalam nukleus. Fungsinya sendiri untuk mengolah berbagai enzim.

Setelah mengetahui struktur nukleus berdasarkan fungsi dari tiap-tiap bagiannya, lantas apa fungsi nukleus itu sendiri?

1. Penyimpanan Informasi Genetik

Fungsi yang pertama yaitu untuk menyimpan informasi genetik. Hal ini disebabkan membran inti yang ada pada nukleus dapat mempertahankan DNA yang ada di dalamnya.

2. Sebagai Pengontrol Pertumbuhan Sel

Selain mengontrol aktivitas sel sel lain, nukleus juga bertugas sebagai pengatur pertumbuhan sel di dalam tubuh.

3. Tempat Replikasi dan Transkripsi

Maksudnya, nukleus merupakan tempat DNA melakukan replikasi. Setelah DNA tersebut menjalani proses replikasi, akan terjadi proses mitosis.

4. Sebagai Pengendali Metabolisme

Nukleus juga memiliki fungsi untuk mengendalikan metabolisme. Pengendalian metabolisme ini terjadi karena adanya proses yang menghasilkan protein.

Itulah beberapa struktur nukleus beserta fungsinya. Semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan detikers terkait sel.



Simak Video "Ingin Jalani Pembekuan Sel Telur? Ini Syarat yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia