Hari Raya Waisak Agama Buddha: Tujuan, Peristiwa Penting, dan Contoh Ucapannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 16 Mei 2022 13:00 WIB
Perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 digelar di berbagai daerah RI. Sempat ditiadakan imbas pandemi, kirab Waisak di kawasan Candi Borobudur pun digelar lagi.
Foto: Antara Foto/Hari Raya Waisak Agama Buddha: Tujuan, Peristiwa Penting, dan Contoh Ucapannya
Jakarta -

Hari Raya Waisak 2022 atau 2566 BE jatuh pada tanggal 16 Mei. Perayaan Waisak ditandai sebagai tanggal merah hari libur nasional sesuai dengan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

Perayaan Hari Raya Umat Buddha ini bertujuan memperingati tiga peristiwa penting yakni lahirnya Pangeran Siddharta, pencapaian Pangeran Siddharta menjadi Buddha, dan wafatnya Buddha Gautama (Pangeran Siddharta).


Apa itu Waisak?

Mengutip laman Britannica, istilah Waisak berasal dari kata Sansekerta Waisakha, Pali Vesakha. Hari Waisak sebagai peringatan kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha, Siddhartha Gautama.

Hari waisak di berbagai negara dikenal dengan sebutan berbeda-beda. Misal di India, Hari Waisak juga dikenal sebagai Visakah Puja atau Buddha Purnima.

Di Tibet, Waisak disebut Saga Dawa. Di Malaysia dan Singapura disebut Vesak. Sedangkan di Thailand disebut Visakha Bucha.

Hari Waisak biasanya dilakukan dengan pelayanan khusus dan berbuat kebaikan, seperti membagikan makanan atau sedekah kepada para bhikkhu (biksu) serta pelepasan burung penangkaran.


Peristiwa yang Dirayakan Saat Waisak

Adapun tiga peristiwa atau trisuci Waisak yang dirayakan seluruh umat Buddha di dunia, dilansir situs Kemenag, adalah sebagai berikut.


1. Lahirnya pangeran Siddharta (calon Buddha) di Taman Lumbini pada tahun 623 SM (sebelum masehi)

2. Pangeran Siddharta mencapai penerangan agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun di tahun 588 SM.

3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun di tahun 543 SM.


Ucapan Hari Raya Waisak 2022

Bagi detikers yang ingin mengucapkan kepada saudara/teman/keluarga yang beragama Buddha, berikut ini ucapan yang bisa disampaikan.


1. Selamat Hari Waisak 2022! Semoga kemuliaan hati bisa menciptakan kedamaian, ketentraman, dan kebahagiaan bagi dunia dan manusia.


2. Selamat Hari Tri Suci Waisak, Semoga terus menjadi pribadi yang rendah diri dan menerapkan ajaran Buddha dalam kehidupan sehari-hari.


3. Semoga kedamaian dan kebahagiaan umat manusia bersinar bersama cahaya Waisak. Selamat Hari Tri Suci Waisak 2022.


4. Mari hidup dengan meneladani perbuatan baik Sang Buddha agar senantiasa mendapatkan kemuliaan lahir dan batin. Selamat Hari Raya Waisak 2566 BE.


5. Selamat Hari Raya Waisak. Semoga kebijaksanaan Buddha menjadi contoh untuk selalu melakukan kebaikan.



Simak Video "Jelang Libur Waisak, Kunjungan Wisatawan ke Bali Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia